Belum hamil, sudah satu tahun menikah

LM Info Penanya: LM, Wanita, 24 Tahun
Siang Dok, Saya sudah setahun menikah tapi belum dikaruniai seorang anak, saya sudah cek ke rumah sakit dan sudah di USG dan tidak ada masalah dengan kandungan saya. Mohon diberikan tips agar saya cepat hamil. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang Ibu LM,

Untuk segera memiliki momongan, adalah merupakan kerjasama dari suami dan istri sebagai pasangan. Maka sebaiknya sebagai langkah awal adalah suami dan istri segera mengunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk melakukan pemeriksaan secara lengkap, supaya dapat diketahui kondisi kesehatan reproduksi masing-masing.

Selanjutnya lakukanlah saran-saran sebagai berikut :

  1. Hubungan badan dapat dilakukan dengan frekuensi 2 sampai 3 kali dalam seminggu, tidak disarankan melakukan hubungan badan setiap hari namun selang 1 hari.
  2. Lakukan hubungan badan pada saat masa subur istri. Caritahu masa subur Ibu, telah kami bahas dalam beberapa konsultasi di sini.
  3. Hindari stres, secara fisik dan mental. Terutama stres berupa tuntutan untuk segera hamil baik dari keluarga maupun dari diri sendiri, tapi nikmati proses menunggu datangnya kehamilan itu.
  4. Saling mendukung secara moral antara suami dan istri, sehingga timbul perasaan aman dan kepercayaan dalam hubungan pernikahan.
  5. Makan makanan yang banyak mengandung Vitamin E seperti sayur toge, semangka, suplemen vitamin E dan Suplemen Asam Folat (Folic Acid).
  6. Jangan terlalu memaksakan diri untuk suatu kehamilan, sehingga menghilangkan kegembiraan dalam hubungan suami istri.
  7. Minum suplemen Asam Folat untuk mencegah cacat pada calon bayi. Sebelum mengkonsumsi suplemen apapun, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan Dokter.
  8. Hindari mengkonsumsi alkohol, semua jenis obat  - obatan, merokok dan kopi.
  9. Sebaiknya tidak berendam dalam air panas dan mandi sauna untuk pria, karena suhu panas dapat menyebabkan kematian pada sperma.
  10. Untuk wanita, disarankan untuk memiliki berat badan ideal untuk persiapan menghadapi kehamilan.

Yang paling penting adalah selalu berdoa dan minta dari Tuhan dan sabar menunggu berkat dariNya.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan untuk program hamil perlu dilakukan agar tespek menunjukkan hasil positif

8 Buah untuk Program Hamil, Sudah Coba yang Mana?

Pasangan yang sedang menantikan momongan tentu akan melakukan segala cara agar cepat hamil, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Buah untuk program hamil harus mengandung vitamin, potasium, asam folat, zinc, dan mineral lain yang diperlukan tubuh.