Belum hamil setelah enam bulan menikah, apa solusinya?

NI Info Penanya: NI, Wanita, 19 Tahun
Saya sudah 6 bulan menikah dan tinggal dilantai 3 sering turun naik tangga, apakah hal ini berpengaruh terhadap kesuburan dan belum hamilnya saya sampai sekarang, Dok? Haid saya tidak teratur dalam sebulan, saya bisa haid dua kali yaitu di awal dan di akhir bulan, sehingga sulit untuk menentukan masa subur saya. Saya sudah mencoba minum beberapa jenis susu untuk ibu hamil dan madu untuk penyubur, tapi sampai sekarang belum kunjung hamil. Saya bekerja, tapi bukan jenis pekerjaan yang berat. Mohon bantuan dan penjelasan dari Dokter. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu NI,

Untuk usia perkawinan sampai enam bulan dan belum hamil, sebaiknya Ibu tidak perlu terlalu khawatir berlebihan dulu. Kekhawatiran akan menyebabkan stress dan dapat menghalangi kesenangan dalam pernikahan yang baru saja dibangun.

Lakukan hubungan badan maksimal dua kali dalam seminggu, karena berhubungan badan lebih dari dua kali dalam seminggu tidak meningkatkan kemungkinan hamil lebih besar, malah sebaliknya.

Sebaiknya lebih diprioritaskan untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (SpOG) untuk memperbaiki siklus haid Ibu. Perlu di ingat bahwa susu ibu hamil diperuntukan untuk ibu yang telah hamil dan bukan merupakan obat penyubur, begitu juga dengan madu atau suplemen penyubur lainnya yang tidak direkomendasikan secara khusus oleh Dokter.

Untuk suatu kehamilan diperlukan konstribusi dari suami dan istri, jadi diperlukan kerjasama dan saling mendukung. Bila sampai satu tahun usia pernikahan belum juga hamil, maka sebaiknya kunjungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (SpOG) untuk dilakukan pemeriksaan kesuburan terhadap ibu dan suami lebih lanjut.

Yang terpenting adalah jaga kesehatan dan perkuat hubungan dalam ikatan perkawinan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)