25 Nov 2020, 23:10Kandungan

Belum haid padahal tidak KB apa sebabnya?

G
Info Penanya: G, Wanita0
saya mau bertanya siklus haid saya kan 40hari bulan lalu saya haid pada tanggal 01-10-2020 seharusnya sya haid lagi tgl 10-11-2020 tapi sampai saat ini saya blm haid,sudah testpack sampai 3x hasilnya negatif padahal perut selalu kram seperti saat haid.pernah juga waktu bulan agustus 1bulan full saya tidak haid sedangkan saya menyusui bayi usia 9bulan dan tidak KB,apakah itu normal atau saya sedang hamil?
220 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore G,Menyusui adalah salah satu metode kontrasepsi alami untuk mencegah kehamilan bila wanita tidak ingin menggunakan KB dan kurang aktif berhubungan seksual. Namun KB alami ini tidak sepenuhnya efektif, sehingga perlu dibarengi dengan KB jenis lainnya atau menghindari berhubungan seksual di masa subur agar tidak terjadi kehamilan.Bila siklus haid Anda 40 hari sekali, maka sudah termasuk tidak normal karena idealnya siklus haid akan berlangsung setiap 21-35 hari sekali. Bila saat ini Anda belum haid, dan sudah melakukan tes pack sebanyak 3 kali saat sudah 1 minggu terlambat haid, maka itu artinya Anda memang tidak sedang hamil. Namun terlambat haid yang Anda alami disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.

Penyebab terlambat menstruasi selain kehamilan:

  • Sedang kelelahan. Mengurus bayi kecil tentunya akan melelahkan meski Anda menikmati waktu-waktu bersama bayi Anda yang sedang lucu-lucunya.
  • Perubahan berat badan. Hal ini biasanya terjadi bila Anda menjalankan diet ketat untuk menurunkan berat badan paska melahirkan.
  • Sedang banyak pikiran.

Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi haid yang tidak kunjung datang adalah:

  • Banyak makan sayur hijau, brokoli, kacang-kacangan dan protein.
  • Lakukan olahraga secara teratur sekitar 3-4 kali dalam 1 minggu.
  • Banyak minum air putih.
  • Usahakan untuk tidur secara teratur.
  • Cari kegiatan yang menyenangkan agar Anda tidak jenuh di rumah, terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini.
Bila Anda mengalami tidak haid selama 3 bulan berturut-turut maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya dan peresepan obat pelancar haid.Salam sehat,dr. Vina 
siklus haidibu menyusuigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil