22 Sep 2021, 08:52Kandungan

Apakah normal jika siklus haid lewat 35 hari?

M1
Info Penanya: M10
Slmt pagi dok Saya mau bertanya dok bulan agustus tanggal 14 sya haid dan sekarang september tanggal 22 belum sja haid apakah itu masih batas normal?
114 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, MTerima kasih atas pertanyaannya.Rentang haid dikatakan normal adalah 21-35 hari sekali.  Rentang ini dihitung dari awal haid siklus sebelumnya sehingga dapat diperkirakan kapan haid akan datang siklus selanjutnya.  Ketika siklus selanjutnya di luar rentang tersebut maka terdapat kondisi yang dinamakan gangguan haid.  Gangguan haid dapat berupa tidak haid lebih dari 35 hari, haid yang sedikit, durasi haid yang pendek atau panjang.  

Penyebab gangguan haid :

  • Stres dan cemas. 
  • Obesitas atau badan terlalu kurus. 
  • Usia puber atau menjelang menopause. 
  • Kehamilan dan menyusui. 
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Kelainan di rahim. 
  • Gangguan pada hormon tiroid.
Apabila sebelumnya haid mulai tanggal 14 agustus berarti saat dihitumg siklus haid saat ini antara 4-18 september.  Anda sudah telat haid sekitar 4 hari.  Dan termasuk siklus haid tidak normal karena melebihi batas siklus 35 hari sekali.  Jika tidak ada riwayat aktivitas seksual, maka kemungkinan telat haid anda karena faktor stres, kegemukan atau kelelahan.  Sementara ini banyak air putih, jaga berat badan seimbang, kelola stres, hindari begadang, makan sehat bebas pengawet dan kafein untuk jaga hormon stabil sehingga membantu agar siklus haid kembali lancar.  Periksa ke dokter spesialis kandungan bila sampai 3 bulan kedepan belum juga haid untuk pemeriksaan USG rahim.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil