09 Mar 2021, 13:10Kandungan

Apakah ibu pasca keguguran dapat hamil kembali ?

S
Info Penanya: S0
Hallo dokter, saya bertanya lagi, saya keguguran tanggal 21 januari 2021 tanpa kuret, sampai sekarang saya belum juga mendapat haid. Saya dan suami sudah beberapa kali melakukan hubungan suami istri, apakah saya bisa hamil ya dok, dan saya belum konsul kedokter. Tks.
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, S.Keguguran yang terjadi terlebih saat anak sudah dinanti dalam jangka waktu yang lama membuat pasangan terutama wanita merasa sedih. Keguguran dapat disebabkan oleh banyak hal salah satunya karena infeksi tokoplasma maupun rubella pada ibu hamil trimester pertama.

Apakah ibu pasca keguguran dapat hamil kembali ?

Seorang wanita pasca keguguran memerlukan waktu dan persiapan untuk hamil kembali kurang lebih sekitar 3 bulan. Hormon yang belum stabil pasca keguguran membuat wanita kebanyakan tidak haid. Untuk membantu hormon stabil kembali, Anda sebaiknya melakukan pola hidup sehat, menjaga berat badan yang ideal, jangan stress, makan makanan yang bergizi, kurangi junk food dan makanan tinggi gula, lakukan olahraga, lakukan senam kegel. Anda juga dapat mengkonsumsi vitamin E serta asam folat untuk persiapan kehamilan.Jika hormon menjadi stabil maka haid akan lancar kembali sehingga Anda dapat menentukan masa subur agar peluang terjadinya pembuahan semakin besar. Konsultasi ke dokter spesialis kandungan jika setelah 1 tahun pasca keguguran tanpa menggunakan alat kontrasepsi dan telah menerapkan pola hidup sehat Anda dan pasangan belum kunjung diberikan buah hati.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
meningkatkan kesuburankeguguranmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil