31 Dec 2020, 16:08Kandungan

Apakan penyebab telat haid selalu karena kehamilan ?

VM
Info Penanya: VM, Wanita0
Dok saya bulan nov haid tgl 26, tgl 21 bulan ini saya berhubungan dan keluar di luar, bulan ini saya belum mens dok sampe tgl 31, apakah saya terlambat haid atau bagaimana
286 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, V.Telat haid banyak dirasakan oleh wanita. Telat haid dapat dirasakan berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Telat haid dimana seorang wanita harusnya mengalami haid sesuai dengan siklus haid yang dirinya alami, namun haid tersebut tidak kunjung datang. Telat haid dapat membuat khawatir jika terjadi pada pasangan yang belum siap memiliki keturunan.

Apakan penyebab telat haid selalu karena kehamilan ?

Jika tanggal yang Anda sebutkan yaitu 26 November merupakan hari pertama haid terakhir Anda kemudian dihitung hingga tanggal 31 Desember yaitu 35 hari, ini masih dalam siklus menstruasi yang normal sekitar 21 hingga 35 hari. Namun jika sebelumnya Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur sekitar 28 hari, berarti bisa saja Anda mengalami telat datang bulan.Penyebab telat haid antara lain :
  • Kehamilan. Hal ini dapat terjadi jika pada bulan ini hingga waktu periode menstruasi Anda selanjutnya tidak kunjung datang haid. Kehamilan juga dapat diikuti dengan gejala yang lainnya seperti kelemahan pada badan, rasa mual, muntah yang dirasakan sepanjang hari, namun lebih berat saat pagi hari, rasa ingin terus berkemih disertai nyeri dan keram perut, adanya flek kecoklatan karena proses implantasi janin.
  • Siklus menstruasi yang memanjang lebih dari normal.
  • Ketidakseimbangan hormon akibat penggunaan alat kontrasepsi hormonal.
  • Penyakit yang diderita misalnya penurunan kadar hormon tiroid, penyakit kronis, malnutrisi, obesitas.
  • Stress yang berkepanjangan dan tidak diolah dengan baik.
  • Kelelahan fisik dan mental.
Jika Anda tidak kunjung datang bulan terlebih diikuti tanda sebuah kehamilan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan ataupun lakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack. Jika Anda dan pasangan belum siap untuk memiliki keturunan, Anda dan pasangan dapat memilih alat kontrasepsi yang ada sesuai dengan kebutuhan. Anda juga harus menjaga kesehatan baik fisik maupun mental agar hormon di tubuh menjadi stabil.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil