Belum haid apa karena hamil?

K Info Penanya: K
Dok saya mau tanya, saya melakukan hubungan intim,tapi spermanya gk masuk ke vagina saya, setelahny kluar bercak kecoklatan tapi tidak bnyak, tpi sya belum haid apakah itu hamil ap gmna ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang K,

Bila Anda sudah berhubungan seksual, maka tetap ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Namun ada beberapa hal yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan atau mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan, namun bukan berarti tidak mungkin hamil.

Berikut ini faktor-faktor yang mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan:

  • Ejakulasi dilakukan di luar vagina. Tapi bisa tetap mungkin terjadi kehamilan karena cairan pra ejakulasi sudah mengandung sperma meski jumlahnya sedikit. Sehingga selama penis sempat menempel pada vagina maka mungkin saja sperma masuk ke dalam vagina.
  • Berhubungan seksual di luar masa subur.
  • Berhubungan seksual menggunakan kondom. Namun Anda perlu memastikan kondomnya bocor atau tidak.
  • Anda menggunakan KB. Meski Anda menggunakan KB, tetap ada risiko kegagalan dan terjadi kehamilan sekitar 1-3%.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid, dan pastikan gunakan urin pagi yang pertama kali keluar setelah bangun tidur.

Bila hasilnya positif, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG. Bila hasilnya negatif, maka jalankan pola hidup sehat agar siklus haid Anda kembali lancar dengan cara banyak makan sayur, rutin olahraga, dan jangan bergadang.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sperma keluar di luar masih bisa membuat hamil

Sperma Dikeluarkan di Luar Masih Bisa Bikin Hamil, Kok Bisa?

Sperma keluar di luar tidak menjamin pasangan tidak akan hamil. Ada beberapa hal yang menyebabkannya, seperti telat mencabut penis dan lokasi mengeluarkan sperma yang masih terlalu dekat dengan vagina.