Sudah 1 bulan terlambat menstruasi karena apa?

MP Info Penanya: MP, Wanita, 20 Tahun
dok saya usia 20th kemarin haid tgl 24 januari, nah ku tunggu februari blm haid juga smpe skrng tgl 2 maret, knpa ya dok kira2?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MP,

Terlambat menstruasi adalah kondisi yang sering timbul pada wanita dimana penyebabnya sangat beragam. Sering kali kondisi ini dikaitkan pada kehamilan meskipun sebenarnya masih ada beberapa kemungkinan lain selain karena kehamilan. Beberapa penyebab terlambat menstruasi sendiri adalah seperti stres, gangguan hormonal, adanya perubahan berat badan yang cepat dan drastis, adanya gangguan kesehatan seperti gangguan kelenjar tiroid, gangguan organ reproduksi seperti misalnya sindrom polikistik ovari, efek samping KB dan lainnya.

Jika dalam siklus sebelumnya ada riwayat seksual maka perlu dilakukan pemeriksaan awal kehamilan untuk memastikan apakah hamil atau tidak. Jika tidak ada riwayat hubungan seksual sebelumnya maka kemungkinan hamil dapat disingkirkan.

Perhatikan ada tidaknya kondisi yang dapat memicu terlambatnya menstruasi, upayakan cukup istirahat, mengatur pola makan, cukup beraktivitas fisik seperti berolahraga, kelola stres dengan baik, dan periksakan diri jika dalam 90 hari masih belum juga mengalami menstruasi pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Jika nantinya disebabkan oleh gangguan hormonal maka dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya. Jika pada siklus berikutnya menstruasi timbul lebih lama dari 35 hari atau lebih cepat dari 21 hari maka merupakan siklus menstruasi yang tidak normal dan perlu pemeriksaan lanjutan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!