Belum haid karena pakai KB Implan.

ML Info Penanya: ML, Wanita, 2019 Tahun
Selamat malam dok .. Nama saya meylinda .. umur saya 24 th .. saya mau tanya dok ..saat ini saya kb implant masa aktif smpe 5th .. tapi baru berjalan 6bln.. dan selama 6 bln ini saya belum haid dok .. saya bingung ini aman" saja atau saya harus minum obat agar menstruasi saya lancar .. terus terang saya ada rasa takut dok. Dan semenjak belum menstruasi .. maaf sebelum nya dok ketika berhubungan intim ada bau tak sedap dok .. Maaff sebelum nya dan terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, M

 

KB implan adalah kontrasepsi yang ditanam dibawah kulit, pada KB implant ini juga terdapat hormone progesterone didalamnya sehingga dapat mencegah lepasnya telur, menebalkan mucus/lendir pada leher rahim sehingga sperma akan sulit masuk.

 

Efek sampingnya adalah tidak menstruasi atau bisa juga siklus haid terganggu. Selain itu efek lainnya adalah wajah berjerawat, mual, sakit kepala,rambut rontok dan penurunan gairah seksual.

 

Karena anda sudah tidak haid selama 5 bulan, maka saya sarankan anda kedokter kandungan agar diperiksa langsung yaa selain itu untuk keputihan anda sebaiknya saya sarankan :

  1. Hindari penggunaan sabun cuci vagina
  2. Jangan gunakan celana terlalu ketat
  3. Gunakan celana dalam bahan katun 
  4. Ganti celana dalam 2-3 kali sehari 
  5. Basuh area kelamin dari depan ke belakang setelah BAB dan BAK
  6. Tidak memakai panty lineratau pembalut karena menghambat sirkulasi udara dan dapat menjadi tempat berkembangnya kuman
  7. Hindari stress dan istirahat cukup
  8. Bila keputihan disebabkan oleh alergi, segera hentikan pemakaian bahan penyebab alergi 

 

Anda dapat menggunakan fitur kami https://www.sehatq.com/dokter

Semoga membantu

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.