13 Jun 2020, 21:47Kandungan

Belum haid hampir 3 bulan dan tes kehamilan negatif

SF
Info Penanya: SF0
Dokter, saya mau bertanya Saya sudah telat hampir 3 bulan, cek kehamilan menunjukan negatif, namun perut saya terasa kembung, apakah itu kondisi kehamilan atau adanya penyakit pada organ dalam tubuh saya dokter ? Makasih dokter??
15482 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SF,Terlambat haid tapi tes kehamilan negatif adalah kondisi yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor penyebab seperti masalah hormonal, masalah organ reproduksi seperti adanya kista, polip, PCOS, ataupun bisa karena penyebab lain yang berkaitan dengan gaya hidup.Perut yang kembung juga tidak selalu merupakan kondisi kehamilan ataupun tanda hamil, tapi bisa karena masalah pencernaan. Apabila sudah lebih dari 90 hari berturut-turut tidak hamil, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan.Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan baik wawancara mengenai gejala yang timbul, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti misalnya pemeriksaan USG dan lab darah terutama pemeriksaan hormonal.Untuk sementara bisa memperbaiki kesehariannya dengan cara:
  • Memperbaiki pola istirahat, tidur minimal 7-8 jam sehari
  • Olahraga secara teratur
  • Jaga berat badan ideal
  • Upayakan menghindari aktivitas berat
  • Hindari beban pikiran berlebih atau jangan berlarut dalam stres
  • Hindari produk atau obat-obatan yang bisa berpengaruh pada kondisi hormonal
Anda juga bisa mencoba mengonsumsi beberapa bahan alami yang dipercaya berkhasiat memperbaiki atau melancarkan menstruasi seperti nanas, cuka apel, kunyit ataupun kayu manis. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil