Belum haid apa mungkin hamil?

SU Info Penanya: SU, Pria, 23 Tahun
Dokk saya mau tanyaa ???saya dengan istri saya kan beruhubungan tp berhubungann gk masuk cuma d luar gesek2 doang ap bisa hamil , trus haidnya jg mudur 4 hari blm haid haid ????
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Berhubungan seksual adalah salah satu cara menjalin hubungan yang harmonis dalam hubungan rumah tangga, namun seringkali beberapa pasangan belum siap untuk memiliki momongan sehingga ingin menunda kehamilan untuk sementara waktu dan hanya melakukan petting saja tanpa penetrasi penis ke dalam vagina.

Namun selama petting, maka adanya rangsangan pada penis akan menyebabkan penis mengalami ereksi dan mengeluarkan cairan pra ejakulasi yang sudah mengandung sperma, sehingga bila penis ini menempel pada vagina, maka tetap ada kemungkinan terjadi kehamilan. Kemungkinan terjadinya kehamilan ini lebih besar bila Anda melakukannya di masa subur istri Anda.

Perihal haid yang terlambat bisa saja disebabkan oleh:

  • Kehamilan.
  • Perubahan berat badan.
  • Kelelahan.
  • Stres atau sedang ada masalah.
  • PCOS.

Yang perlu istri Anda lakukan adalah melakukan tes pack bila sudah 7 hari terlambat haid, banyak makan sayur dan buah, rutin olahraga, jangan bergadang. Dan sebaiknya bila hasil tes packnya negatif dan memang belum ingin memiliki momongan maka sebaiknya gunakan KB seperti pil KB atau suntik KB atau gunakan kondom saat berhubungan seksual untuk mencegah kehamilan. Lakukan konsultasi ke dokter kandungan untuk membantu memilihkan KB yang cocok dengan istri Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kesuburan atau fertilitas dapat dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal

3 Cara Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya meliputi: menjaga temperatur testis, menjaga berat badan tetap ideal, dan memilih obat-obatan yang aman untuk kehamilan.