Belum datang haid bulan ini, saat ini sedang mengkonsumsi obat karena sedang sakit, Apakah bisa hamil?

SR Info Penanya: SR, Wanita, 20 Tahun
Pagi dok saya mau tanya saya blm dateng haid bulan ini tapi saya tidak melakukan hubungan intim akhir2 ini saya sering berobat sering sakit jadi sering mengkonsumsi obat dari dokter apakah efek minum obat bisa membuat haid telat dan saya sering tidur bareng pasangan saya tapi tidak sama sekali melakukan hubungan intimApakah bisa hamil? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bila anda tidur dengan pasangan tanpa sama sekali melakukan hubungan intim, kemungkinan hamil tidak ada bila antar genitalia tidak bertemu. Sehingga sel telur tidak bisa dibuahi oleh sperma. Pada kondisi tubuh sedang kurang sehat atau sedang dalam masa pemulihan, seringkali haid bisa datang terlambat karena sedang tidak fit. Kemudian memang ada beberapa obat yang mempengaruhi haid, namun bila sekedar obat flu atau sakit ringan kemungkinan tidak akan mempengaruhi haid. Sudah berapa lama anda tidak haid? Beberapa hari? 1 minggu atau 1 bulan? Kalau dibawah 1 minggu belum perlu memikirkan adanya kehamilan, bila sudah lebih 1 minggu anda tinggal memeriksa dengan test pack untuk kepastiannya.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mempercepat haid. Bila anda ingin evaluasi lebih lanjut bisa dengan memeriksakan diri anda ke Dokter Spesialis Kandungan. Biasanya akan dilakukan USG dan pemeriksaan dalam untuk memastikan diagnosanya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mayoritas wanita baru mengetahui mengidap fibroid rahim alias mioma secara tidak sengaja namun mioma dapat disembuhkan dengan obat maupun operasi

Mengidap Fibroid Rahim? Tenang, Begini Cara Menyembuhkan Fibroid Rahim!

Fibroid rahim alias mioma bisa disembuhkan dengan obat maupun operasi. Tumor jinak ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa gejala fibroid rahim, antara lain nyeri haid yang parah dan sakit perut.