23 Dec 2020, 13:42Kandungan

Penyebab muncul flek kecoklatan sebebum menstruasi

AG
Info Penanya: AG0
Dok mau tanya, saya sudah telat haid 13 hari dan setelah hari ke 14 nya saya kekamar mandi pas di pagi hari saya liat ada flek brwarna coklat dan setelah siang nya itu keluar flek brwarna merah saya belum coba untuk testpeck takut nya nanti halisnya garis tanda-tanda apakah itu dok?
490 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi A,Saya akan menjawab pertanyaan Anda.Gangguan menstruasi terdiri dari bermacam-macam jenis, ada menstruasi durasinya memanjang lebih dari durasi normal yaitu 3 hingga 7 hari, ada yang wanita belum menstruasi walau sebelumnya menstruasi normal, ada yang menstruasinya banyak dan lama, ada wanita yang selalu nyeri saat menstruasi. Menstruasi ini dipengaruhi hormon esterogen dan progesteron. Jika hormon ini mengalami gangguan, maka siklus menstruasipun akan ikut terganggu. 

Penyebab muncul flek kecoklatan sebebum menstruasi

Penyebab muncul flek kecoklatan sebebum menstruasi antara lain :
  • Flek kecoklatan yang muncul sebagai gejala awal terjadinya menstruasi yaitu premenstrual syndrome (PMS) yang dapat diikuti dengan gejala yang lain seperti nyeri dan keram perut, perasaan yang menjadi lebih sensitif, muncul jerawat, dna rasa nyeri di payudara.
  • Perlukaan serviks akibat penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR).
  • Perdarahan ringan pasca berhubungan seksual.
  • Proses implantasi atau penempelan janin di rahim saat terjadi kehamilan akan menimbulkan flek kecoklatan yang disertai nyeri ataupun tidak.
  • Penggunaan KB yang mengandung hormon seperti suntikan KB 1 dan 3 bulan, pil KB esterogen maupun kombinasi, dan KB implan.
Jika keluhan muncul flek kecoklatan pada Anda didahului dengan telat menstruasi lebih dari siklus menstruasi normal yaitu 21 - 35 hari, terlebih diikuti gejala kehamilan yang lain seperti rasa mual dan muntah yang berlebihan di pagi hari, rasa ingin terus kencing walau minum tidak terlalu banyak, atau perubahan pada payudara seperti payudara lebih menghitam di bagian puting serta aerola, sebaikanya Anda segera melakukan test pack. Test pack ini bisa negatif karena hormon kehamilan yang belum meningkat, untuk itu Anda dapat ulang test pack 1 minggu setelah test pack pertama atau melakukan USG trasvagina di dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilangangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil