Apa haid tidak teratur menyebabkan susah memiliki anak?

KP Info Penanya: KP, Pria, 31 Tahun
Dok saya sudah 6 tahun menikah belum dapet mongmongan, apakah pengaruh kalau saya ini cepat sekali keluar saat berhubungan intim dengan istri, dan apakah pengaruh di istri saya datang bulan tidak teratur kadang sampai 2 atau 3 bulan bahkan lebih istri saya datang bulan, mohon pencerahannya saya dari [URL=https://pulautidungpewe.com]pulau tidung[/URL]
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KP,

Melanjutkan pembicaraan sebelumnya mengapa susah memiliki anak, selain dari faktor sperma, maka sel telur pada wanita juga berperan penting untuk terjadinya kehamilan.

Bila siklus haidnya tidak teratur, baik berupa rutin haid setiap bulan namun tanggalnya maju mundur tidak menentu, atau bahkan tidak haid dalam beberapa bulan maka tentunya bisa mempengaruhi kesuburan seorang wanita dan menyebabkan susah memiliki anak.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan siklus haid tidak teratur :

  1. Faktor stres.
  2. Kelelahan.
  3. Berat badan tidak ideal, baik kegemukan atau terlalu kurus juga tidak baik.
  4. PCOS.
  5. Endometriosis, dimana ditemukan jaringan endometrium diluar rahim yang ditandai dengan nyeri haid sangat berat menjelang haid.

Sementara yang dapat istri Anda lakukan sebagai usaha agar siklus haidnya kembali normal adalah :

  1. Perbanyak makan sayur dan buah.
  2. Selalu minum air putih minimal 2 liter setiap harinya.
  3. Jangan sering begadang dan harus cukup tidur.
  4. Lakukan olahraga 30 menit setiap hari.

Karena Anda sudah menikah dalam waktu lama, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis. Bagi istri Anda coba konsultasi dengan dokter kandungan agar bisa di USG dan bagi Anda lakukan pemeriksaan ke dokter urologi untuk pengecekan kualitas sperma.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh EY
31 Jan 2020, 13:04
Siang dok,Sy EEn 28th. Siklus menstruasi sy tdk teratur bahkan saat ini sy sudh tak mengalami menstruasi slama 6bulan tapi tdk hamil.sy menikah baru 1,5 tahun.apakah sulit utk sy punya keturunan dgn kadaan sy spt ini?apa yg harus sy lakukan?terimakasih...
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.