Belakang dagu ditekan lalu perut anak langsung terasa mual karena apa?

F Info Penanya: F
Saya mau tanya dok, ank saya 5 tahun 9 bulan. 3 hari yg lalu ank sya mengeluh di belakng dagunya terasa sakit. Setelah sya raba trnyata terasa keras dan ank saya mengeluh mual bila ditekan. Itu kira2 kenapa ya dok?? Ank saya tidak demam, masih aktif, nafsu makan masih bagus. Dan dia jg ga kesulitan buat bernafas dan menelan makanan. Semuanya baik2 saja. Mohon segera dijawab y dok. Terimakasih banyak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang F,

Area di belakang dagu merupakan area tenggorokan dimana terdapat trakea dan esofagus, yaitu area atau saluran pencernaan dan dibelakangnya saluran napas. Ketika mendorong bagian belakang dagu, bisa memicu rasa mual dimana hal ini adalah wajar. Karena jika menekan bagian belakang dagu bisa memicu reflek muntah atau gag refleks. Jika ada reflek muntah bisa memicu perut terasa tidak nyaman dan mual. Jadi hal ini adalah termasuk hal yang normal.

Untuk rasa nyerinya sendiri bisa beragam, bisa karena reaksi alergi, asam lambung, radang tenggorokan dan lainnya. Jadi bisa perhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi, perbanyak minum air putih, jaga pola makan anak. Hindari makanan yang sulit dicerna, makanan yang mengiritasi lambung dan juga hindari dengan sengaja menekan belakang dagu yang bisa memicu rasa mual.

Jika rasa sakit masih timbul bisa diberikan kompres hangat atau dingin untuk mengurangi nyeri, bisa juga memberikan paracetamol unutk mengurangi nyerinya. Dan periksakan pada dokter apabila keluhan tetap timbul dan mengganggu terutama jika sakit semakin memberat, ada pembengkakan, sesak napas, sulit menelan dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak semua tenggorokan terasa mengganjal indikasi penyakit serius

Tenggorokan Terasa Mengganjal? Jangan Anggap Sepele

Tenggorokan terasa mengganjal adalah indikasi dari suatu gangguan tertentu. Terkadang tenggorokan terasa mengganjal tidaklah serius, tetapi bisa jadi hal tersebut merujuk pada adanya cedera di pita suara yang memerlukan penanganan medis.