Bekerja di bahan kimia cair, setiap pagi selalu mual, banyak dahak dan ingin muntah.

AS Info Penanya: AS, Pria, 22 Tahun
Dok saya kerja di bahan2 kimia cair setiap pagi selalu ingin muntah karna mual banyak dahak gitu dan sehari2 pun seperti itu seperti tidak habis2 itu di karnakan apa ya? Dan cara mengobati atau mengatasi nya bagaimana? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AS.

Saat Anda bekerja jangan lupa gunakan APD (Alat Pelindung Diri) Anda seperti masker, jaket dan goggle kacamata. Karena paparan terhadap zat kimia dapat memberi pengaruh pada kesehatan Anda. Tergantung dari jenis zat kimia, jumlah yang terpapar, berapa lama terpapar, berapa kali Anda terpapar. Walaupun zat kimia cair tapi tetap ada yang bisa terhirup melalui udara.

Reaksi tiap orang juga berbeda, ada yang lebih sensitif sehingga timbul gejala lebih cepat dan lebih berat dibanding orang lain. Faktor lain seperti usia, jenis kelamin, genetik dan kondisi kesehatan seseorang juga berpengaruh. Karena tubuh manusia memiliki kemampuan untuk toleransi zat kimia dalam jumlah tertentu serta dapat mengeluarkan zat tersebut dari tubuh. Organ yang berperan adalah hati/liver yang berusaha menghilangkan sifat racun dari zat kimia yang masuk ke tubuh. Kemudian ginjal akan menyaring zat tersebut agar dikeluarkan melalui air kencing. Seperti yang bisa Anda baca di artikel mengenai Fungsi Ginjal Ternyata Tak Hanya Menyaring Racun dari Tubuh.

Zat yang Anda hirup tampaknya berpengaruh pada pencernaan Anda sehingga timbul mual akibat bertambahnya asam lambung dan gas di saluran pencernaan. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Bisa ke dokter perusahaan atau dokter di fasilitas kesehatan terdekat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit yang muncul setelah terjadinya letusan gunung berapi biasanya seputar masalah pernapasan

Ini 3 Penyakit Akibat Pencemaran Gunung Meletus yang Harus Diwaspadai

Gunung meletus adalah bencana alam yang mengakibatkan pencemaran udara. Abu dan gas dari letusan gunung dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan, gangguan pada mata, dan penyakit kulit. Salah satu langkah yang harus dilakukan setelah gunung meletus adalah menggunakan masker.