Bekerja dari tengah malam sampai dengan pagi, setelah itu tidur selama 12 jam. Apakah berbahaya dok?

TF Info Penanya: TF, Pria, 21 Tahun
Selamat siang saya mau tanya apa dampak jika gaya hidup tidak sehat,Saya bekerja dari jam 12 malam sampai jam 8 pagiDan tidur setiap pulang kerja bangun sekitar jam 5 sore apakah membahayakan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, TFF

Kerja di malam hari bisa mengakibatkan penyakit dan gangguan kesehatan kronis. Pada jangka panjangnya bisa mengakibatkan kanker, penyakit jantung, kegemukan, gangguan pencernaan dan metabolisme. Pola hidup juga terganggu seperti waktu makan yang tak tentu serta pilihan makanan yang kurang sehat.

Selain fisik berpengaruh juga pada psikologis anda yang rentan terhadap gangguan mental seperti depresi. Karena gangguan sistem tubuh yang normal sehingga keseimbangan kimia dalam tubuh juga terganggu. Waktu anda bersosialisasi dengan orang lain juga terganggu. 

Selain itu bahaya untuk keselamatan anda saat beraktivitas, karena reaksi dan waktu pengambilan keputusan menjadi lebih lambat. Walaupun anda tidur cukup lama di pagi / siang hari namun tetap anda akan lebih mengantuk di malam hari.

9 Cara Menjaga Kualitas Tidur untuk Para Pekerja Shift Malam 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Musik hip hop yang membesarkan nama Rich Brian, ternyata berpotensi untuk pemulihan gangguan mental

Studi: Musik Hip Hop Ternyata Berpotensi Memulihkan Gangguan Mental

Bintang hip hop dan rapper Brian Imanuel Soeworno, yang populer dengan nama Rich Brian, baru-baru ini memenuhi undangan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Riset terbaru membuktikan bahwa musik hip hop dapat menjadi terapi gangguan mental.