16 Nov 2020, 20:32Penyakit Lainnya

Apakah Bekas Tindik Telinga Bisa Hilang?

MH
Info Penanya: MH0
Ass dok,teman saya pengen tes TNI akan ttapi,dulu pada saat SD teman saya pernah bertindik akan tetapi tindikan nya tidak menembus sampai ke daun telinga belakang,apakah berpengaruh ke telinga nya dok,dan adakah kemungkinan lolos dri tes ksehatan?
3960 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat Sore MH,terimakasih atas pertanyaannya,Kulit adalah organ terbesar dan paling luar dari tubuh. Kulit yang mengalami luka terkadang akan berbekas atau scar, tergantung dari dalamnya luka. Termasuk pada telinga yang telah ditindik tentunya akan menyisakan bekas atau scar yang berbentuk seperti lubang, terdapat benjolan yang membesar atau kemerahan.

Menghilangkan Bekas Tindik Telinga

Untuk menghilangkan bekas tindik telinga membutuhkan proses yang tidak cepat. Bekas tindik akan dibuat luka baru untuk merangsang sel-sel kulit yang baru. Pengerjaannya pun harus dilakukan oleh tenaga ahli dari dokter umum hingga dokter spesialis bedah plastik. Namun hasilnya tidak dapat dijanjikan akan 100% seperti sebelum ditindik.Apabila bekas tindik disertai dengan keloid maka akan lebih sulit untuk menghilangkan bekas tindik tersebut. Lain halnya apabila bekas luka hanya berupa goresan atau kulit yang lebih hitam dapat dibantu dengan krim penghilang bekas luka.Ada baiknya untuk tidak melakukan tindik telinga apabila tidak diperlukan karena cukup sulit untuk menghilangkan bekas luka tindik. Konsultasikan ke dokter spesialis bedah plastik untuk kemungkinan penyembuhan bekas tindik telinga.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL 
telingakeloidbekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil