Bekas panu tidak kunjung menghilang bagaimana cara menghilangkannya?

NJ Info Penanya: NJ, Wanita, 33 Tahun
Dok kenapa bekas panu putih susah menghilang pada kulit kaki dan tangan saya ...bagaimana agar mengembalikan kulit kembali sepwrti semula dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NJ,

Panu adalah penyakit kulit yang seringkali dialami dan menimbulkan bercak putih-putih yang tentunya akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Namun perlu Anda ketahui bahwa bercak-bercak putih pada julit tidak hanya disebabkan oleh infeksi jamur (panu) saja, tapi masih ada beberapa penyebab lainnya yang tampilannya menyerupai panu.

Penyebab bercak putih pada kulit:

  • Pityriasis alba. Kelainan yang disebut juga sebagai eksim ini seringkali terjadi akibat dermatitis atopi, di mana kulit tampak kering, mengelupas dan berwarna lebih terang dibanding area kulit di samping-sampingnya.
  • Paparan sinar matahari. Seringkali muncul bila aktivitasnya banyak dilakukan di luar ruangan dan tidak menggunakan tabir surya.
  • Vitiligo. Keluhan putih tidak menimbulkan rasa gatal, dan warnanya sangat putih pekat seperti warna putih susu.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk meratakan warna kulit Anda adalah:

  • Gunakan tabir surya bila beraktivitas di bawah terik matahari. Pilih tabir surya yang memiliki SPF di atas 30.
  • Bila penyebabnya infeksi jamur, maka penggunaan salep anti jamur seharusnya akan menyembuhkan penyebabnya dan mengembalikan warna kulit seperti sebelumnya.
  • Gunakan masker lidah buaya atau jeruk lemon secara teratur.

Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk memastikan penyebab masalah kulit Anda, karena beda penyebab tentu berbeda pengobatannya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghaluskan telapak kaki yang paling mudah adalah dengan senantiasa menjaga kelembapannya

Cara Menghaluskan Telapak Kaki, Ketahui yang Aman dan Bahaya

Cara menghaluskan telapak kaki bisa dilakukan sendiri di rumah, namun pastikan kulit tidak sensitif atau alergi. Anda bisa menggosok sel kulit mati dengan batu apung, scrub, maupun garam epsom.