Apakah luka bekas operasi sesar bisa terbuka kembali?

DR Info Penanya: DR
apa bekas operasi sesar bisa terbuka dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DR,

Terbukanya luka bekas operasi sesar adalah sesuatu yang jarang terjadi. Tetapi hal ini mungkin bisa terjadi dimana disebut dengan istilah dehisensi. Dehisensi sendiri bisa terjadi pada sebagian luka ataupun terlepasnya keseluruhan jaitan.

Penyebabnya sendiri bisa beragam, mulai dari adanya trauma pada luka operasi, faktor penyembuhan luka yang tidak berjalan baik, bisa karena perawatan luka yang tidak baik, faktor metabolik atau riwayat penyakit seperti memiliki diabetes, gangguan nutrisi, ataupun juga akibat infeksi pada luka pasca operasi.

Apabila pada luka bekas operasi Anda tampak terbuka ataupun tidak kunjung mengering, terdapat nanah, timbul rasa nyeri maka ada baiknya untuk bisa memeriksakan diri pada dokter agar bisa dilakukan perawatan luka ataupun penanganan lebih lanjut untuk mengatasinya. Jika luka terbuka cukup besarmaka akan dilakukan perawatan luka dan juga bisa dilakukan penjahitan luka kembali apabila diperlukan.

Untuk itu penting menjaga kebersihan luka dengan menjaga luka tetap kering dan bersih, mengonsumsi obat yang diberikan dokter sesuai anjuran, melakukan perawatan luka secara berkala baik perawatan luka mandiri ataupun dilakukan oleh tenaga kesehatan, dan juga perlu menjaga asupan makanan terutama makanan yang tinggi protein untuk membantu proses penyembuhan luka. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)