Bagaimana cara menghilangkan bekas luka bakar?

RS Info Penanya: RS, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya , dulu saya umur 5thn , tangan saya terkena minyak goreng panas.Cara menghilangkan bekas luka yang ada di tangan itu gimana ya dok , karna umur saya sudah 23thn .Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, RS.

 

Luka bakar yang sudah teratasi tetap saja biasanya akan meninggalkan bekas luka. Kondisi ini dapat mengganggu penampilan Anda, oleh sebab itu ada berbagai macam produk untuk menghilangkan bekas luka yang dijual di pasaran. Penggunaan salep berbetuk gel yang mengandung silikon sehingga dapat mengurani bekas luka bakar yang menebal dan membentuk keloid.

Kemudian untuk menghilangkan bekas luka bakar dengan bahan alami dapat menggunakan ekstrak bawang merah, yang dapat memperbaiki tekstur bekas luka jadi terasa lebih lembut setelah 1 bulan penggunaan. Selanjutnya bisa menggunakan salep yang mengandung zat asam glikolat dan asam salisilat, salep ini biasa digunakan untuk perawatan jerawat namun jika menggunakan salep ini Anda perlu menghindari matahari atau menggunakan tabir surya.

Terkait dengan masalah yang Anda alami, bekas luka bakar Anda sudah sangat lama namun Anda masih dapat mencoba untuk mengatasinya dengan beberapa cara diatas namun jika tidak ada perbaikan juga sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik agar dapat dilakukan tindakan seperti laser.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bercak putih pada wajah ternyata tak melulu disebabkan oleh panu.

Penyebab Munculnya Bercak Putih di Wajah Selain Panu

Banyak orang beranggapan, bahwa bercak putih di kulit pasti adalah panu. Padahal, penyebab munculnya kondisi ini dapat beragam.