Bekas luka di tubuh berwarna hitam

N Info Penanya: N, Pria, 37 Tahun
Maaf Dok saya mau bertanya.Kenapa ya sekarang bekas luka di tubuh saya berwarna hitam? Misalnya bekas bisul atau luka kecil? Padahal dulu bila saya luka tidak meninggalkan bekas.. Adakah obat untuk menghilangkan hitam bekas luka?? Mohon bantuannya dok...trims..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N

Setiap bekas luka saat telah sembuh dapat membentuk lesi hiperpigmentasi  atau flek menghitam, luka tersebut sering pada bekas peradangan bisul atau jerawat, luka bekas kulit hitam juga memberat jika pernah mendapatkan salep berbahan kortikosteroid dan terpapar cayaha matahari. Lesi hitam tersebut akan hilang perlahan dengan seiring pertumbuhan lapisan kulit baru namun akan memakan waktu yang lama bahkan tahunan karena biasanya lesi hitam berasal dari kulit yang lebih dalam. 

Saya sarankan agar anda jangan memencet atau mengikis kulit hitam tersebut, perbanyak minum air agar kulit tetap lembab, hindari stress, hindari asap rokok. Terdapat beberapa upaya untuk menyamarkan lesi hitam tersebut seperti penggunaan asam salisil, antioksidan vitamin c dan e untuk mempercepat regenerasi kulit, hindari paparan sinar matahari karena dapat meningkatkan lesi hitam. Penggunaan laser pada kulit juga dilaporkan mampu mengurangi lesi hitam, untuk itu anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Krim penghilang flek hitam harus berdasarkan jenis kulit dan kandungannya

Pilih Krim Penghilang Flek Hitam dengan Kandungan yang Cocok untuk Kulit Anda

Flek hitam muncul akibat kulit memproduksi melanin yang berlebih alias hiperpigmentasi. Jenis krim penghilang flek hitam tergantung jenis kulit dan kandungannya, seperti krim hydroquinone, tretinoin dan vitamin C.