Bekas luka di kaki yang sulit hilang

HA Info Penanya: HA, Wanita, 16 Tahun
Dok mau tanyaa,kan ini kaki saya ada bekas" lukaa tapi uda beberapa tahun kok ga ilang" ya? Cara ngilanginnya pake apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, HA

Ketika kulit terluka baik dari kecelakaan atau tindakan bedah, tubuh akan berusaha memperbaiki lukanya. Ketika kulit melakukan penyembuhan, bisa saja timbul jaringan parut atau bekas luka. Hal ini adalah proses penyembuhan alami. Ada beberapa tips dari rekan Dokter Spesialis Kulit untuk mengurangi penampakan dari bekas luka. Bekas luka yang terletak di atas sendi seperti pada lutut dan siku sulit untuk hilang, untuk bekas luka kecil dapat dirawat di rumah sedangkan luka berat/besar memerlukan perawatan yang lebih kompleks dengan Dokter Spesialis Kulit.

Selalu jaga agar bekas luka bersih dengan menggunakan sabun yang lembut untuk mengurangi kuman dan menghilangkan kotoran. Gunakan gel yang mengandung petrolatum / petroleum untuk mencegah bekas luka kering dan membentuk jaringan parut. Tutup luka agar tidak kotor dan ganti perban setiap hari. Setelah luka sembuh gunakan tabir surya untuk mencegah timbulnya perubahan warna kulit.

Untuk luka yang sudah lama, Anda memerlukan konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit untuk tatalaksana selanjutnya. Banyak teknik yang bisa dilakukan seperti peeling, mikrodermabrasi, derma roller, dan lainnya. Semua luka akan membaik namun memerlukan waktu untuk pergantian kulitnya. Saya lampirkan artikel mengenai 4 Metode Penghilang Luka Bakar yang Efektif untuk Anda sebagai jenis luka yang bekasnya paling sulit hilang.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pilihlah sunscreen dengan minimal SPF 30

Hindari Keriput dan Penuaan Dini Hanya dengan Menggunakan Sunscreen!

Penggunaan sunscreen dapat mencegah keriput dan kanker kulit. Namun, sunscreen harus digunakan secara tipis-tipis dan merata. Salah satu tips menggunakan sunscreen adalah memilih sunscreen minimal SPF 30.