16 Nov 2020, 03:54Kulit & Kelamin

Bekas luka bakar menghitam dan putih

AN*
Info Penanya: AN*0
Hallo dok apakah tamanu oil bisa memudarkan bekas luka bakar dan menghitam?dan saya memiliki banyak bekas luka menghitam goresan dan bakar karena kenalpot jatoh dari motor dan luka goresan yang tidak sengaja umur saya sekarang 16 apakah lebih baik saya ke dokter kulit untuk segara menangani bekas luka saya?
612 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam A,Luka knalpot adalah luka bakar yang bisa menyebabkan bekas luka. Jika luka bakar mulai proses penyembuhan luka maka bisa tampak lebih gelap dari kulit disekitarnya. Pada tahap ini hindari menggaruk atau mencabut kulit yang mulai mengering, jika ditarik atau dicabut bisa menyebabkan bekas luka.Jika luka bakar karena knalpot sudah cukup lama, maka bisa dilakukan penanganan bekas luka baik dengan pemberian krim penghilang bekas luka ataupun dilakukan tindakan medis seperti perawatan laser ataupun tindakan lain untuk menghilangkan bekas luka. Selain itu ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan seperti:
  • Menggunakan krim gel silikon
  • Hindari paparan matahari langsung
  • Gunakan krim penghilang bekas luka lain seperti yang mengandung vitamin C, vitamin E, asam salisilat, gel lidah buaya ataupun krim lainnya
Periksakan diri pada dokter untuk perawatan bekas luka lebih lanjut jika hasil yang didapatkan kurang maksimal sehingga bisa dilakukan tindakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
luka bakarpenyembuhan lukabekas luka
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil