Bagaimana cara menghilangkan bekas koreng?

B Info Penanya: B
Saya ingin bertanya Dok. Saya mempunyai bekas koreng yang menghitam mulai dari lutut sampai tumit. Bagaimanakah cara menghilangkan bekas koreng tersebut.? Saya sdh coba berbagai cream dan salep, hasilnya tidak memuaskan?TrimsB8
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi,B

Terima kasih telah bertanya di SehatQ.

Koreng memiliki istilah medis yaitu Ektima. Bekas koreng ini dapat menjadi keloid atau penebalan kulit, menjadi hiperpigmentasi atau kehitaman.

Biasanya bekas luka akan hilang dalam waktu 21-28 hari. Tips untuk Anda adalah:

  1. Tidak menggaruknya jika gatal
  2. Mengompres dengan air hangat untuk meredakan gatal
  3. Gunakan lotion untuk menghindari kulit kering
  4. Hindari paparan sinar matahari secara langsung
  5. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Disarankan Anda ke dokter spesialis kulit ya agar segera ditangani. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan medis, Mulai dari:

  • Wawancara
  • Pemeriksaan fisik
  • Tindakan medis: seperti dermabrasi atau pengikisan permukaan kulit dengan menggunakan alat khusus, selain itu pilihan lainnya adalah suntik steroid, laser dsb, Tindakan ini tergantung bagaimana kondisi bekas luka Anda.

Jika bekas luka malah menjadi membesar, berdarah dan bernanah maka jangan menunda ke dokter ya. Disarankan juga untuk tidak menggunakan prodak kecantikan sembarang yang mengklaim dapat menghilangkan bekas luka selalu cek apakah prodak tersebut terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Salam sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perubahan warna dan tekstur pada kulit merupakan tanda dari ruam kulit

Hati-hati! Inilah Macam-Macam Ruam Kulit yang Bisa Terjadi pada Tubuh Manusia

Ruam adalah kondisi kulit mengalami perubahan warna dan tekstur. Macam-macam ruam pada kulit adalah eczema, granuloma annulare, lichen planus, pityriasis rosea.