Bekas jahitan sakit apa penyebabnya?

JA Info Penanya: JA, Pria, 17 Tahun
Dok saya mau bertanya 4 bulan yang lalu saya mengalami pengangkatan mata ikan dengan cara dijait sudah 2 bulan dibekas jaitan tersebut menonjol dan seperti ada sesuatu didalamnya jika tersentuh sedikit terasa sakit, kira kira itu kenapa yaa dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JA,

Mata ikan adalah benjolan yang terbentuk akibat lapisan kulit yang menebal karena proses penekanan yang berulang-ulang pada bagian tersebut.

Mata ikan ini bisa terjadi akibat :

  • Pemilihan alas kaki yang tidak sesuai dengan ukuran kaki, baik kebesaran maupun kekecilan atau alas kaki yang terlalu keras.
  • Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.
  • Kebiasaan berdiri dalam waktu yang lama.

Penanganan pada mata ikan ini bisa dengan cara rutin mengoleskan pelembab dan melakukan scrub berkala menggunakan garam yang digosokkan ke bagian kulit yang menebal. Namun bila lapisan yang terbentuk sudah sangat tebal maka dokter akan melakukan pembedahan untuk membuang lapisan kulit tersebut.

Perihal bekas jahitan yang teraba benjolan dan masih sakit bisa saja disebabkan muncul mata ikan kembali atau proses penyembuhan luka yang menimbulkan keloid. Keloid ini akan menimbulkan jaringan baru yang menimbul dan berwarna kemerahan yang sering terasa gatal.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ulang ke dokter yang menangani Anda, dan kompres atau rendam dengan air hangat pada bagian yang nyeri tersebut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan kulit wajah

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah

Struktur kimia minyak zaitun sangat menyerupai produksi minyak alami di kulit manusia dan kaya nutrisi sehingga juga bisa mengatasi masalah kulit seperti komedo. Jika digunakan dengan cara yang benar, minyak zaitun dapat menangkal radikal bebas, melembapkan kulit, menyamarkan bekas luka atau jerawat, dan meremajakan sel kulit.