Bekas jahitan terasa nyeri dan menonjol karena apa?

N Info Penanya: N, Wanita, 31 Tahun
Siang dok 5 bulan lalu saya melahir kan normal dg jaitan luar dalam tp kenapa Smp sekarang masih tersa nyeri kl buat duduk bahkan bawa motor saja saya tidak bisa krna masih tersa sakit dan tiap habis BAB nongol daging pipih warna merah.setelah saya periksa ke perwat yg jait luka saya katanya tidak ap2 hanya saja luka masih basah..yg saya tanyakan apakh daging itu bisa hilang..smp brpa lama..in aja udah jln 6 bulan dok sya hnya di ksih obat minum aj..ap yg hrus say lakukan..mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Bekas jahitan pada area kemaluan akibat melahirkan normal memang masih dapat terasa nyeri selama beberapa bulan tergantung dari berat ringannya robekan. Jika robekan cukup dalam maka masih bisa menimbulkan rasa nyeri karena area tersebut sering kali lembap dan basah maka proses penyembuhan bisa menjadi lebih lama.

Jika timbul keluhan seperti bengkak, kemerahan, adanya cairan dari bekas luka jahitan dan juga adanya penonjolan maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan untuk memastikan kondisi luka bekas jahitan baik. 

Tidak jarang bisa timbul infeksi pasca jahitan di lokasi luka dan juga bisa timbul adanya keloid di bekas jahitan. Untuk sementara bisa kompres bagian yang nyeri menggunakan kompres dingin atau hangat, bersihkan dengan air bersih dan keringkan sampai kering setelah buang air. 

Jika daging berlebih mengganggu ataupun merupakan keloid maka bisa diatasi dengan beberapa cara baik dengan penyuntikan ataupun dilakukan tindakan untuk menghilangkannya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan pasca melahirkan perlu dilakukan agar proses pemulihan dapat berlangsung dengan baik

Perawatan Pasca Melahirkan untuk Mempercepat Masa Penyembuhan

Perawatan pasca melahirkan perlu dilakukan untuk mempercepat penyembuhan luka pada vagina, maupun mencegah terjadinya komplikasi setelah persalinan. Mulai dari jenis makanan hingga posisi duduk, berikut ini tips yang dapat Anda ikuti.