Bagaimana cara menghilangkan bekas jahitan di kening?

MN Info Penanya: MN, Wanita, 20 Tahun
Dok untuk menghilangkan bekas jahitan dikening pake salep apa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MN,

Jahitan pada kulit adalah salah satu cara atau penanganan yang dilakukan ketika mengalami luka yang cukup besar dan lebar sehingga jaringan bisa kembali menyatu dan menghindari dari risiko perdarahan ataupun infeksi yang lebih berat. Jahitan sendiri bisa dilakukan dengan beragam teknik dan juga menggunakan benang jahit yang perlu diangkat ataupun langsung tertanam pada kulit dan jaringan. 

Pasca penjahitan sering kali timbul bekas luka jahitan yang bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Untuk menghilangkan bekas luka atau bekas jahitan dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan produk gel silikon dimana memerlukan waktu ataubisa dengan bahan alami seperti menggunakan gel aloevera. 

Jika bekas luka tidak juga hilang, maka perlu penanganan oleh dokter kulit atau dokter kecantikan dimana nantinya bisa dilakukan penanganan dengan tindakan baik dengan suntikan steroid, perawatan laser, ataupun tindakan lain seperti dermabrasi agar bisa memberikan hasil yang lebih optimal. Hindari menggaruk ataupun memberikan sembarangan salep agar tidak memicu iritasi dan infeksi pada bekas luka tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nutrisi penting dalam buah kawista membuatnya berpotensi meningkatkan kesehatan

Ingin Mengonsumsi Buah Kawista? Baca Ini Dulu

Buah kawista atau bael fruit dipercaya memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Mulai dari manfaatnya sebagai antidiare, antibakteri, antikanker, antioksidan, hingga penyembuh luka. Tapi bagaimanakah pendapat dunia medis?