04 Feb 2021, 16:58Kulit & Kelamin

Apa yang menyebabkan infeksi pada luka bekas operasi sesar ?

RA
Info Penanya: RA0
Dok saya mau bertanya ..dua bulan yang lalu saya habis melahirkan ..terus bekas jahitan nya GK sembuh ..dan terdapat di bagian bekas luka jahitan ada putih2 dan bengkak memerah ..dan keluar cairan .. itu kenapa ya dok ... ? Dan apa obatnya .. jujur saya sangat takut ...
1448 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Luka bekas operasi sesar setelah melahirkan rentan mengalami infeksi jika tidak dijaga dengan baik kebersihannya. Luka bekas operasi yang terinfeksi akan mengeluarkan cairan berwarna putih kekuningan, bau yang tidak sedap, luka menjadi memerah, terasa gatal. Luka bekas operasi akan terasa sakit, menimbulkan demam, sehingga ibu sulit untuk beraktifitas dan mengasuh bayi.

Apa yang menyebabkan infeksi pada luka bekas operasi sesar ?

Infeksi pada luka bekas operasi sesar selain disebabkan oleh kebersihan luka yang tidak dijaga dengan baik, bisa disebabkan saat operasi alat kurang steril, luka tidak tertutup sempurna, luka basah, verban jarang diganti, ibu tidak mengkonsumsi antibiotik secara teratur, ibu mengalami resistensi antibiotik, atau imun tubuh menurun sehingga menyebabkan infeksi lebih mudah menyerang tubuh.

Bagaimana cara mengobati infeksi pada luka bekas operasi sesar ?

Cara mengobati infeksi pada luka bekas operasi sesar adalah dengan pemeriksaan fisik secara langsung apakah cairan berasal dari bekas luka, atau organ lain. Dokter akan membersihkan luka dengan baik, mengeluarkan nanah, memberikan penyerapan untuk mengurangi jumlah nanah, memberikan salap antibiotik, dan menambah dosis antibiotik yang ada, bahkan mengganti obat antibiotk jika diperlukan. Jika infeksi terlihat menyeluruh hingga membuat ibu menjadi demam, dan kondisi tubuh menurun, tidak jarang dokter akan melakukan rawat inap untuk memulihkan kondisi Ibu.Segera kontrol ke dokter spesialis kandungan, jaga dan tingkatkan imun tubuh, makan makanan mengandung protein dan gizi tinggi untuk mempercepat penyembuhan, jaga kebersihan luka dengan baik.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
antibiotikpenyembuhan lukainfeksi luka pasca operasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil