Bagaimana cara menghilangkan bekas garukan yang menghitam?

CA Info Penanya: CA, Wanita, 23 Tahun
Hallo dok, saya mau tanya. Akhir-akhir ini badan saya sering gatal di sekitar kaki, leher dan perut. Karena saya garuk jadi muncul bekas garukan yang menghitam. Untuk mengatasi gatal dan menghilangkan bekas hitamnya bagaimana ya dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Jika Anda mengalami gatal di kulit sebaiknya jangan di garuk, karena bukannya gatal akan mereda namun gatal yang di garuk akan semakin menjadi dan meluas, sehingga dapat menimbulkan bekas yang menghitam. Selain itu garukan akan menimbulkan trauma pada kulit, yang akan semakin merusak pertahanan kulit. Rusaknya lapisan atas kulit akan membuat kulit rentan terhadap infeksi, luka hingga hilang kelembapan. Daripada digaruk Anda bisa menggunakan kompres dingin pada daerah yang gatal. Anda juga dapat memberikan bedak atau bedak kocok yang mengandung mentol atau kalamin untuk meredakan gatal dan memberikan sensasi dingin.

Bila sudah terlanjur memiliki bekas gatal yang menghitam pada kulit, ada beberapa cara untuk membantu mengatasinya pilihlah sabun mandi yang mengandung banyak moisturizer dengan sedikit busa, gunakan pelembab jika selesai mandi, atau bisa melakukan perawatan di dokter kulit seperti chemical peeling merupakan prosedur perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat atau menghilangkan sel kulit mati dan menggantinya dengan lapisan kulit baru, mikrodermabrasi merupakan  tindakan sejenis pengelupasan (exfoliation) yang menggunakan kristal-kristal mikro untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru dan laser.

Tips menggaruk di kulit agar tidak menimbulkan iritasi :

  • Jaga kuku tetap pendek agar kuku tidak melukai kulit saat menggaruk.
  • Hindari pencetus gatal, misalnya ruangan panas atau dingin, atau bahan pembuat alergi.
  • kompres dingin atau mandi air dingin untuk meredakan gatal.
  • Jaga kelembapan kulit dengan menggunakan lotion.

Namun jika dengan cara-cara di atas keluhan kulit hitam Anda tidak membaik, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit untuk diakukan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh CA
10 Mar 2020, 15:15
Kalau menggunakan cream/salep khusus penghilang bekas luka apakah bisa juga dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu busuk menghisap darah dan biasanya ada di setiap rumah

Kutu Busuk: Cara Menggigit Manusia dan Cara Menghilangkannya dari Rumah

Kutu busuk adalah kutu penghisap darah yang biasanya ada disetiap rumah. Keberadaan kutu ini ditandai dengan noda hitam, bintik-bintik atau kulit telur, dan bau menyengat disekitar Anda. Kutu busuk dapat dihilangkan dengan cara membersihkan rumah dan selalu menjaga kebersihannya.