16 Jun 2020, 22:04Kulit & Kelamin

Bekas bisul menghitam, berbahayakah?

MS
Info Penanya: MS, Wanita, 18 Tahun
Dok, 2 bulan lalu kan saya ada bisul yang agak besar dipunggung, pas itu sakit sekali dan cuma saya obati pakai salep dan minum antibiotik. Setelah itu bisulnya kempes dan tidak pecah, tapi kalo ditekan masih ada rasa sakit. Terus kemarin saya lihat lagi, bekas bisulnya menghitam gitu. Itu berbahayakah dok, dan haruskah ke dokter?
13611 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang MS,Dermatofibroma adalah benjolan berwarna coklat kemerahan hingga kehitaman yang sering muncul pada bagian kaki. Hal ini awalnya bisa berbentuk seperti bisul yang terasa sedikit nyeri, namun dengan berjalannya waktu benjolan ini tidak pecah dan berubah warna menjadi kecokelatan hingga kehitaman. Benjolan ini termasuk tumor jinak pada kulit bukan suatu keganasan, sehingga tidak perlu cemas.

Beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan timbulnya dermatofibroma adalah:

  • Adanya gigitan serangga.
  • Bekas suntikan atau proses tato tubuh.
  • Kista yang pecah.
  • Peradangan pada folikel rambut (folikulitis). Akan tumbuh benjolan seperti jerawat pada area kulit yang berambut misal pada punggung, area kelamin, dada, dll.
Yang dapat Anda lakukan agar benjolan tersebut tidak semakin besar adalah hindari kebiasaan menyentuh benjolan, tetap jaga kebersihannya, benjolan jangan digaruk-garuk agar tidak lecet. Bila benjolan terasa nyeri, maka Anda bisa mengompresnya dengan air hangat.Bila benjolan dirasakan semakin besar, maka ada baiknya periksa ke dokter kulit untuk menentukan penyebabnya, apakah benar akibat dermatofibroma atau penyebab lainnya seperti lentigo, keratosis seboroik atau dermatosis papulosa nigra.Salam sehat,dr. Vina
bisulfolikulitistumor jinak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil