Apa penyebab sembelit dan benjolan di perut?

DI Info Penanya: DI, Wanita, 26 Tahun
Dok anak saya belum bab selama 2 hari,tapi dia lagi usaha untuk menedan dan ngeluarin,tapi saya pegang perut bagian bawah sebelah kiri kaya ada bejolan gtu dok ..Itu benjolan apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sembelit atau sulit BAB adalah salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami oleh anak-anak. Anak dikatakan sembelit jika BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu, mengejan, kotoran keras, kering, dan  juga kecil-kecil. Penyebabnya macam-macam bisa karena kurangnya asupan serat, stres, kurang minum air putih, jarang bergerak, dan efek samping dari obat-obatan.

Untuk mengatasi kondisi sembelit ini, Anda bisa lakukan hal ini:

  • Memberikan anak asupan makanan yang berserat.
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh anak.
  • Mengurangi  konsumsi susu sapi.
  • Mengajak anak untuk tetap beraktivitas.
  • Membuat jadwal makan anak.
  • Membiasakan anak untuk ke toilet.
  • Berikan obat pencahar yang aman seperti lactulosa. 

Benjolan di perut bawah sebelah kiri bisa jadi itu merupakan hernia. Hernia adalah suatu penyakit dimana organ tubuh berada di luar dari tempat seharusnya organ tersebut berada. Hernia yang sering terjadi pada anak-anak yaitu hernia inguinalis dan hernia umbilikus. Selain itu, bisa juga benjolan tersebut merupakan lipoma. Untuk itu, sebaiknya harus dipastikan kembali penyebabnya karena apa melalui pemeriksaan fisik dan penunjang. Jadi, saya sarankan Anda membawa anak Anda periksa ke dokter agar dapat diterapi dengan tepat sesuai dengan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak rentan untuk terjangkit berbagai gangguan kesehatan, seperti infeksi virus influenza, pilek, atau tertular kutu rambut

Tahun Ajaran Baru, Ini Tips Agar Anak Terhindar dari Penyakit Saat di Sekolah

Libur yang sebentar lagi selesai, menandakan tahun ajaran baru untuk anak. Saat di sekolah, anak rentan tertular penyakit dari murid lain. Untuk memastikannya tetap sehat, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan, terutama saat anak berada di sekolah.