28 Jan 2021, 18:26Gigi & Mulut

Apakah bisa menggunakan behel walau gigi depan ompong ?

JA
Info Penanya: JA, Pria0
Halo dok, saya ingin bertanya apa bisa jika gigi depan ompong ingin menggunakan behel? Gigi depan saya cenderung maju dan saya ingin memperbaikinya tapi salah satu dari dua gigi depan saya ompong. Apakah jika nanti saya sudah menggunakan gigi palsu semacam Brige, gigi saya masih bisa menggunakan behel untuk mengatasi gigi depan saya yang maju dok? Terima kasih
188 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Haloo, J.Gigi merupakan salah satu penunjang tingkat kepercayaan diri pria maupun wanita, karena saat ada sesuatu gangguan pada gigi, baik karena bentuk gigi yang tidak rata, terlihat lebih maju, lebih mundur, gigi renggang, ompong terutama gigi yang terlihat dari depan, maka seseorang menjadi sulit untuk tersenyum memperlihatkan gigi dirinya.

Apakah bisa menggunakan behel walau gigi depan ompong ?

Masalah gigi merupakan ranah dari dokter gigi untuk menjawab, karena sesuai dengan bidang kedokteran yang dia pelajari. Saya sebagai dokter umum hanya bisa menjawab secara general tentang masalah gigi. Menggunakan behel dapat memperbaiki kondisi gigi, namun memerlukan teknik agar gigi menjadi lebih rapi. Gigi yang ompong jika akan menggunakan behel, maka tempat kosong diantara kedua gigi akan menjadi menyatu akibat penarikan dari kawat dan karet behel. Sehingga jika rongga gigi terlalu jauh, maka penarikan akan menimbulkan rasa sakit. Namun jika rongga tersebut digantikan oleh gigi palsu, maka gigi tidak bergeser menutupi rongga tersebut, melainkan hanya memperbaiki gigi yang tidak rata lainnya.Sebelum menggunakan behel, dokter akan memeriksa kondisi gigi, apakah ada gigi yang perlu dicabut, apakah ada infeksi pada gigi dan gusi sehingga diperbaiki terlebih dahulu, berapa lama kira-kira pemasangan behel. Setelah pemasangan behel, dokter akan meminta pasien kontrol dan ganti karet behel sesuai jadwal. Sehingga tujuan merapikan gigi menggunakan behel dapat tercapai. Untuk itu, konsultasikan masalah Anda kepada dokter gigi yang ada. Terus jaga kebersihan gigi dan mulut agar terhindar dari bakteri yang menimbulkan sakit gigi.Semoga bermanfaat.salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan gigigigi palsukawat gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil