26 Nov 2020, 01:26Gigi & Mulut

Jenis retainer untuk merapikan gigi

GA
Info Penanya: GA0
Dok. Gimana ya saya mau lepas behel tapi tidak ada biaya untuk pemasangan retainernya. Apa kah harus dipasang retainer ya?
188 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo GA, Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Retainer adalah alat yang digunakan untuk menjaga susunan gigi agar tetap rapi, tidak bergeser dan goyang. Retainer sering digunakan pada seseorang setelah melakukan pelepasan behel. Gigi yang sudah rapi dengan dipasang behel diharapkan tidak kembali ke posisi sebelumnya. Retainer juga berfungsi untuk mengubah kebiasaan seseorang yang suka menggertakkan gigi saat tidur.Penggunaan retainer ini tergantung setiap orang bisa sebentar atau lama. Maka dari itu, pilih retainer dengan kualitas dan bahan yang bagus agar membuat gigi dan mulut terasa nyaman.

Jenis retainer

Ada beberapa jenis retainer yaitu :
  • Retainer yang dapat dibuka pasang 
Keuntungan retainer jenis ini mudah dibersihkan dan mudah dilepaskan. Kerugiannya, penggunaan retainer menjadi tidak rutin sehingga gigi yang sebelumnya syudah rapi dapat menjadi berantakan kembali.
  • Retainer cetakan
Retainer jenis ini lebih nyaman digunakan karena lebih ringan dan tipis. Retainer ini perlu mencetak gigi terlebih dahulu sebelum pembuatannya. Retainer ini memiliki kekurangan karena mudah retak dan patah.
  • Retainer permanen
Retainer jenis ini dengan cara memasang kawat yang ditempelkan di gigi yang rentan untuk berpindah.Anda dapat berkonsultasi ke dokter gigi untuk mengetahui kondisi gigi Anda apakah perlu atau tidak dipasang retainer. Anda dapat memilih jenis retainer yang nyaman untuk Anda dan dengan harga yang terjangkau. Semoga bermanfaat."Salam sehat.dr. Lidya Hapsari."   
kesehatan gigigigi sensitifgigi palsu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil