Pemeriksaan mata di optik dan dokter mata, apakah berbeda?

AM Info Penanya: AM
Dok saya mau nanya waktu periksa ke optik untuk mata kanan saya Sph +125 Cyl -275 axis 180, mata kiri Sph +050 Cyl -075 axis 165Dan waktu saya periksa ke dokter mata yang kanan Cyl -175, Kiri Cyl -050, aaya ragu mau bikin kacamata harus yang mana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AMY.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Pemeriksaan mata adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui fokus penglihatan dan jarak pandang, untuk mengetahui ada tidaknya kelainan refraksi pada mata.

Berikut kelainan refraksi yang paling umum terjadi:

  • Miopia (rabun jauh), adalah ketika penderita mampu melihat benda dekat dengan jelas, namun kabur dalam melihat benda yang jauh. 
  • Hipermetropi (rabun dekat), adalah ketika penderita mampu melihat benda yang jauh dengan jelas, namun kabur dalam melihat benda yang dekat
  • Astigmatisme (silindris), adalah ketika kornea mata berbentuk asimetris, yang menyebabkan penderita melihat garis lurus menjadi miring atau bergelombang
  • Presbiopi (mata tua), adalah ketika lensa mata sudah tidak fleksibel seperti saat usia muda

Pada kasus Anda, mata Anda mengalami kelainan hipermetropi +1.25 pada mata kanan dan +0.50 pada mata kiri. Selain itu, Anda juga mengalami astigmatisme pada mata kanan dan kiri dengan hasil yang berbeda pada dokter mata dan optik.

Perbedaan hasil ini biasanya disebabkan dari prosedur sebelum pemeriksaan. Saat Anda melakukan pemeriksaan di dokter mata, biasanya Anda akan ditetesi obat mata terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melebarkan pupil sehingga otot mata bisa relaksasi secara sempurna. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi lagi dengan dokter spesialis mata sambil juga membawa hasil pemeriksaan mata dari optik, untuk membandingkan hasilnya dan menentukan ukuran kacamata yang terbaik untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain memicingkan mata, pandangan kabur ketika melihat jauh adalah ciri-ciri mata minus

Ciri-ciri Mata Minus Ini Menandakan Anda Butuh Kacamata

Mata minus atau rabun jauh dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Ciri-ciri penderita mata minus adalah pandangan kabur, sering mengalami sakit kepala, sulit melihat pada malam hari, dan sering memicingkan mata agar bisa melihat obyek yang jauh.