Bedanya perawatan di salon kecantikan dan klinik kecantikan?

P Info Penanya: P
Hi dokter, salam kenal. Saya purwaningsih. Saya berencana mau melakukan treatment di salah satu skincare di Jakarta. Sambil cari-cari saya menemukan ada Skincare yang mengklaim sebagai salon dan klinik kecantikan. Apa perbedaan salon dan klinik kecantikan ya, dok? Mana yang lebih aman untuk melakukan perawatan? Matur nuhun dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, P.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Banyak orang menganggap bahwa salon kecantikan dan klinik kecantikan atau klinik estetika itu sama. Padahal sebenernya berbeda.

Perbedaan dari salon kecantikan dan klinik kecantikan adalah terletak pada:

  • Pelayanan

Di salon kecantikan biasanya tersedia berbagai pelayanan mulai dari perawatan rambut, wajah, tubuh, dan juga kuku. Sedangkan di klinik kecantikan, melayani berbagai macam permasalahan kulit dengan tindakan seperti facial, microdermabrasi, chemical peeling, laser, dll yang bertujuan untuk menghilangkan jerawat, menghilangkan flek di wajah, membuat kulit cerah dan awet muda.

  • Sumber daya manusia

Di salon kecantikan, tenaga yang digunakan disebut hairdresser, hairstylist, manicurist, makeup artist. Biasanya tenaga-tenaga ini sudah mendapatkan pelatihan sebelumnya mengenai creambath, hair styling, rebonding, dan dll yang tidak memerlukan keterampilan medis. Sementara klinik kecantikan, tenaga yang digunakan adalah dokter spesialis kulit atau dokter umum yang telah memiliki sertifikasi di bidang estetika. Sehingga ketika melakukan tindakan-tindakan medis, dilakukan oleh tenaga-tenaga professional yang sudah terjamin keahliannya.

  • Tempat

Untuk tempat atau lokasi, salon kecantikan dapat ditemukan dimana saja dan biasanya terdapat di pinggiran jalan raya dan terkadang juga ditemukan di dalam mall. Sama seperti klinik kecantikan, rata-rata memiliki bangunan sendiri dan terdapat di pusat kota. Tapi, tidak jarang juga ada klinik kecantikan yang bergabung dengan salon kecantikan untuk mempermudah konsumen melakukan perawatan.

  • Harga

Dari segi harga, harga jasa perawatan di salon kecantikan jauh lebih terjangkau dibanding klinik kecantikan. Tetapi harga tersebut sesuai dengan pelayanan yang didapatkan.

Itu lah beberapa perbedaan salon kecantikan dengan klinik kecantikan. Bila Anda ingin melakukan perawatan, pilihlah salon atau klinik kecantikan yang sudah memliki reputasi yang baik dan lebih aman. Karena untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan cantik harus ditangani oleh ahlinya. Jadi tidak bisa sembarangan. Dan pilihlah treatment yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Jangan hanya ingin mengikuti tren terkini.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengoleskan eye cream secara rutin dapat membuat kulit sekitar mata terlihat lebih cerah

6 Eye Cream Terbaik untuk Hindari Area Mata dari Penuaan

Area mata sangat rentan terhadap tanda penuaan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan eye cream yang lebih lembap dari lotion biasa. Pemakaian eye cream yang tepat bisa membuat Anda terhindar dari keriput dan lingkaran hitam di area mata.