Bedah mulut

D Info Penanya: D, Pria, 34 Tahun
Bedah mulut anak usia 6 bulan. Anak saya cacat bawaan sajak lahir (bibir sumbing komplit sampi langit - langit) sekarang usia 6 bulan, Berat Badan 6,5 kg. Pertanyaan saya: 1. Apa perbedaan Spesialis Bedah Plastik dan Spesialis Bedah Mulut? 2. Apakah untuk hasil yang lebih baik perlu kombinasi ke-2 dokter tersebut. 3. Apakah di kota Palu sudah ada Dokter Bedah Plastik? 4. Bagaimana penanganan pasca operasi awal (setelah operasi bagian bibir)? Mohon penjelasannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak D,

  1. Spesialis Bedah Plastik adalah Spesialisasi dari Ilmu Kedokteran Umum yang bertujuan untuk me-rekonstruksi atau memperbaiki bagian tubuh manusia yang cacat sejak lahir, akibat trauma, akibat luka bakar,akibat penyakit dll, melalui operasi oleh Dokter untuk tujuan mengembalikan fungsi tubuh ke fungsi normal. Sub Spesialisasai dari Bedah Plastik adalah Bedah Estetika dan tujuan rekonstruksi tubuh lebih kearah estetika atau peningkatan penampilan dan kepercayaan diri.
  2. Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial adalah Spesialisasi dari Ilmu Kedokteran Gigi yang fokus pada penanganan pembedahan yang berhubungan denga penyakit di daerah mulut dan rahang atas.
  3. Menurut Protap yang dikeluarkan oleh Persatuan Ahli Bedah Indonesia (PABI), operasi untuk bibir sumbing (Labiopalatoskisis) dapat dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Umum yang memiliki keahlian untuk ini. Operasi paling cepat dilakukan adalah saat bayi berusia 10 minggu (3 bulan).

Untuk penanganan operasi bibir sumbing ini terdapat beberapa tahapan penting, yaitu tahapan sebelum operasi dan tahapan operasi termasuk perlunya kerjasama antara Dokter Spesialis Bedah Umum, Dokter Spesialis Bedah Mulut dan Dokter Spesialis Bedah Plastik bila diperlukan sesuai dengan tingkat kecatatan yang diderita oleh bayi. Kemudian tahap setelah operasi termasuk latihan bicara atau rujukan ke Dokter Gigi Ahli Ortodonti bila diperlukan untuk koreksi kelainan di bagian gusi.

Bapak dapat mengunjungi Rumah Sakit Umum atau RS Swasta terbesar di Kota Palu untuk kemudian berkonsultasi dengan Dokter Bedah Umum lebih dulu. Untuk lebih baiknya kami sarankan supaya Bapak mengujungi lebih dari satu Dokter Bedah Umum untuk minta pendapat lain (Second Opinion).

 

Setelah operasi awal, bila diperlukan akan direncanakan untuk operasi lanjutan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi bayi. Pasca operasi umumnya dokter akan mengajarkan orang tua cara penanganan luka operasi seperti dibiarkan terbuka dan dijaga tetap bersih, minum dari sedotan atau dot khusus dan lainnya sampai saatnya kontrol kembali.

Sebaiknya Bapak segera mengunjungi Dokter Bedah umum, untuk pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut sebelum terlambat.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hernia dapat diatasi dengan melakukan operasi hernia

Dua Jenis Operasi untuk Mengatasi Hernia

Hernia atau turun berok terjadi ketika organ dalam tubuh mendorong atau menekan jaringan otot, maupun jaringan ikat yang melemah. Untuk mengatasi hernia, 2 jenis operasi dapat Anda lakukan.