Biaya operasi dada burung berapa, ya?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 1 Tahun
Biaya Operasi bedah dada burung berapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, K.
Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Pectus carinatum (pigeon chest) adalah suatu kelainan bentuk pada dinding dada. Pada kondisi yang seharusnya, saat anak-anak sampai remaja, tulang iga tumbuh selaras dengan jaringan tulang rawan atau kartilago. Namun, pada kasus pectus carinatum, jaringan kartilago tumbuh secara berlebihan, yang menyebabkan pertumbuhan yang keluar dari batas normal. Ini menyebabkan perubahan bentuk pada dinding dada.

Beberapa kondisi pectus carinatum yang parah akan menimbulkan gejala sebagai berikut:

  • Napas pendek atau terengah-engah, terutama saat melakukan aktivitas fisik
  • Infeksi pernapasan 
  • Nyeri pada area yang abnormal
  • Cepat lelah

Pada penderita pectus carinatum anak, biasanya akan ditunggu sampai masa pertumbuhan selesai untuk melihat apakah bentuk dinding dada cukup parah untuk dilakukan operasi. Ketika sudah dewasa, jika tidak perlu dilakukan operasi, dokter biasanya menggunakan orthotic bracing—sebuah alat yang melingkari dada dan memberi tekanan pada dinding dada yang menonjol.

Namun, jika perlu dilakukan operasi, dokter bedah akan memotong jaringan kartilago yang berlebihan tersebut. Terkait biaya operasi, tergantung dari rumah sakit, tindakan yang dilakukan dokter, dan adakah penyulit saat tindakan. Anda bisa menghubungi rumah sakit yang Anda ingin kunjungi dan bertanya secara langsung.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jaringan tulang manusia

Banyak Jumlahnya, Ketahui Jaringan Tulang yang Menyokong Anda

Jaringan tulang sangat berperan dalam keseharian Anda. Tanpanya, Anda tidak akan bisa beraktivitas seperti sekarang ini. Jaringan tulang tidak hanya terdiri dari satu jenis tetapi terdapat tiga jenisnya, yaitu jaringan tulang kompak, tulang spons, dan tulang subkondral.