Beberapa hari yang lalu tenggelam di sungai dan menelan banyak air. Saat ini dada terasa sakit, apakah karena infeksi saluran pernapasan?

W Info Penanya: W, Wanita, 23 Tahun
Selamat sore dokter, saya mau bertanya, dok saya hari Jumat tenggelam di sungai, kejadian nya hanya beberapa detik tapi saya sudh menelan banyak air, karena setelah di selamatkan saya merasakan dada kiri saya sangat sakit, panik sudh pasti, saya kira rasa sakit di dada hanya sebentar tapi sampai hari ini, hari selesa sakit nya masih ada dan tidak berkurang padahal saya sudah meminum obat Novamox 500. Apa yang sebenarnya terjadi pada dada kiri saya itu dok? Apakah infeksi saluran pernafasan gara2 kemasukan air sungai lewat hidung ? Mohon penjelasan nya dok? Oh iya saat ini saya juga mengalami flu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, W

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pada saat anda tenggelam, saluran pernafasan anda akan secara otomatis menutup agar air tidak masuk ke dalam paru-paru. Jadi air yang masuk kemungkinan tertelan semua ke pencernaan. Gejala yang bisa dirasakan mual, muntah atau diare sesuai dengan gejala gangguan pencernaan. Sehingga anda diberikan antibiotik untuk mencegah atau mengurangi gejala tersebut.

Nyeri dada anda mungkin terkait kejadian tersebut, apakah ada terbentur? Bila tidak ada kemungkinan akibat trauma paska kejadian tenggelam karena rasa panik yang anda rasakan masih membekas di pikiran anda. Flu anda bisa saja karena air yang masuk ke hidung atau anda kondisinya tidak fit setelah basah kuyup dan terendam dalam air. 

Bila anda masih khawatir, dapat memeriksakan diri dengan Dokter dan biasanya akan dilakukan pemeriksaan radiologi seperti rontgen. Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanaman dalam ruangan bisa memperindah rumah sekaligus menyehatkan

Jarang Disadari, Tanaman dalam Ruangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kabar baik bagi Anda para pecinta tanaman! Tidak hanya menyejukkan dan indah dipandang, memelihara tanaman dalam ruangan ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Lantas, tanaman apa saja yang dipercaya bagus untuk kesehatan?