Beberapa hari ini anyang-anyangan

H Info Penanya: H, Wanita, 28 Tahun
Hallo saya ingin bertanya beberapa hari ini saya mengalami anyang anyangan dan sudah mimum air putih banyak dan antibiotik, sudah lebih mendingan tidak sakit dan sedikit keluarnya tapi masih sering merasa ingin buang air kecil setiap beberapa jam itu bagaimana ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore HWD,

Anyang-anyangan dapat mengganggu aktivitas seperti dan menimbulkan keluhan rasa berkemih yang tidak tuntas, perih dan panas saat berkemih, rasa tidak nyaman di perut ataupun juga disertai perubahan pada urine. Penyebabnya sendiri beragam seperti:

  • Infeksi saluran kemih
  • Gangguan pada kandung kemih
  • Penyakit ginjal
  • Retensi urine atau urine sulit keluar karena teknana otot kandung kemih, batu ginjal ataupun batu kandung kemih 

Untuk itu perlu dilakukan beberapa hal untuk mengatasinya seperti banyak minum air putih, jaga kebersihan organ intim, jangan menahan keinginan berkemih, basuh organ intim dengan arah depan ke belakang agar tidak terkontaminasi dari anus, jika sudah menikah bersihkan kemaluan setelah berhubungan intim.

Apabila tidak ada perbaikan perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter, nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti tes urine, lab darah atau USG untuk memastikan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah infeksi nantinya dokter akan memberikan antibiotik khusus untuk saluran kemih untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih adalah gangguan yang terjadi pada bagian kandung kemih atau uretra

Sering Buang Air Kecil? Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih

Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang berhasil masuk ke sistem saluran kemih dan menginfeksi bagian-bagian dari sistem tersebut. Infeksi saluran kemih pada bagian kandung kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.Coli dari anus.