09 Mar 2021, 08:48Psikologi

Bagaimana mengatasi rasa tidak berguna?

EL
Info Penanya: EL0
Dok saya merasa ga berguna dirumah, saya suka di marahi orangtua saya dengan kata-kata kasar, karna saya belum bekerja dok, saya berfikir hiduppun menyusahi mereka mungkin seperti sudah cape sama semuanya dok sulit mencari kerja, saya sempet berkali-kali ingin bunuh diri dok. sering pusing kepala sering nangis tbtb merasa terbebebani dengan ini dok
132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, ELTerima kasih atas pertanyaannya.Merasa putus asa, sering menangis, tidak berguna, dan ada rasa ingin bunuh diri dapat menjadi ciri-ciri dari depresi.  Terkadang beratnya hidup, tekanan dari lingkungan sekitar, tuntutan ekonomi memang akan membuat seseorang berpikir pendek dan berniat untuk mengakhiri hidup.  Padahal jika dilihat dari sudut pandang lain, mungkin saja maksud dari orang tua agar diri termotivasi untuk berusaha lebih yang nantinya anda juga yang dapat menikmati hasilnya.  Sayang memiliki tenaga tubuh yang sehat jika tidak dimanfaatkan untuk hal yang positif. 

Beberapa cara untuk mencegah terjadinya depresi :

  • Buat pikiran ini sibuk dengan melakukan aktivitas yang sibuk juga. Apapun pekerjaan selama tidak menipu atau merugikan orang lain, jalani.  Atau mencoba untuk membuka toko online dengan menjadi reseller.  Banyak potensi pekerjaan yang bisa digali.  Asalkan ada niat.
  • Hindari menyendiri. Biasakan berkumpul dengan keluarga.  Membantu orang tua atau keluarga terdekat yang membutuhkan tenaga.
  • Tuliskan setiap pagi hari pada sebuah buku tentang emosi yang tersimpan agar tidak menumpuk dan memicu pikiran negatf.
  • Berolahraga dapat menjadi pengurang stres dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
Bila cara ini tidak membuat anda menjadi lebih baik, maka anda perlu berbicara dengan psikiater baik secara tatap muka atau online guna dilakukan konseling atau terapi yang sesuai dengan kondisi anda. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
depresipenyebab depresimasalah kejiwaangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil