Bayi usia 9 bulan dan belum pernah imunisasi sebelumnya, apa bisa dilakukan sekarang?

HR Info Penanya: HR, Wanita, 2019 Tahun
Mlm dok. Saya mau tanya. Anak sy udah masuk 9bln. Tp gk pernah imunisasi sebelumnya. Apa bisa srkarang imunisasi yg 9bln dok. Mksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, HR

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebelumnya kenapa tidak imunisasi ya? Apakah karena kondisi klinis tertentu? Apakah saat melahirkan dilakukan suntik untuk hepatitis atau polio?Tujuan vaksin adalah memberi kekebalan tubuh untuk anak anda kepada penyakit berbahaya yang ada sebelum terpapar olehnya. Jadi bila sudah terpapar bukan berfungsi sebagai obat.

Kebanyakan vaksin sudah ada jadwal berdasarkan usia anak. Untuk usia 9 bulan dijadwalkan pemberian vaksin MR (Measles/Campak dan Rubella). Kemudian jadwal berikutnya adalah vaksin varicella (cacar) setelah usia 12 bulan. Sebelum diberikan vaksin BCG untuk kuman penyebab TBC, memerlukan pemeriksaan tuberkulin dahulu untuk memastikan belum terpapar dengan kuman TBC. Kemudian untuk jadwal vaksin yang lain sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Anak agar bisa dibuat jadwal susulan untuk anak anda. 

Semoga penjelasannya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Imunisasi penting diberikan pada anak sesuai jadwal dan usia anak untuk menjaganya dari penyakit sekaligus membentuk herd immunity

Sayangi Anak dengan Sadari Pentingnya Imunisasi

Pentingnya imunisasi tak hanya urusan melindungi anak dari penyakit saja. Kekebalan komunitas dan generasi masa depan berakar dari sini.