Bayi Usia 5 Hari Minum Susu Formula Normalnya BAB Berapa Kali ?

KM Info Penanya: KM
Pagi dok,saya mau tanya bayi umur 5hari minum susu formula normal nya bab sehari berapa kali
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam KM,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bayi baru lahir memiliki refleks gastrokolik (yaitu rangsangan untuk BAB saat lambung penuh) yang sangat kuat sehingga bayi akan mengalami BAB setiap habis menyusu.

Frekuensi BAB dialami bayi paling tinggi pada bulan pertama. Bulan-bulan selanjutnya mulai berkurang terlebih saat sudah memasuki masa pemberian MPASI. Pada bayi baru lahir, frekuensi BAB sangat bervariasi, antara 1x/hari sampai 10x/hari. 

Hal ini disebabkan pada bayi baru lahir kemampuan mencerna laktosa belum optimal. Frekuensi BAB bayi yang minum ASI dengan yang minum susu formula sedikit berbeda. Kolostrum yang terdapat pada ASI merupakan pencahar alami sehingga bayi yang diberi ASI lebih sering BAB daripada bayi yang diberi susu formula. Pada bayi yang mendapat ASI, bisa mencapai angka 12x/hari Sedangkan bayi yang mendapat susu formula akan lebih jarang BAB.

Selain perbedaan frekuensi BAB, biasanya juga terdapat perbedaan konsistensi tinja bayi yang diberi ASI dengan diberi susu formula. Bayi yang mendapat susu formula tinjanya lebih keras daripada yang mendapat ASI karena lemak pada susu formula lebih sulit dicerna dan diserap tubuh karena pada ASI juga terdapat beberapa enzim pencernaan sedangkan pada susu formula tidak. 

Berikut saya lampirkan artikel Waspada Alergi Pada Susu Formula, Tips Memberikan Susu Formula Pada Bayi Baru Lahir , dan Panduan Memberi Susu Formula untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar bayi bisa minum susu formula dengan baik, gendonglah ia mendekati tubuh Anda.

5 Tips Memberikan Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

Memberikan susu formula untuk bayi baru lahir, ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Mulai dari takaran, kualitas susu formula, jadwal pemberian susu, hingga kebersihan botol susu yang digunakan.