Bayi usia 2 bulan, BAB 3x sehari dan fesesnya kehijauan, apakah masih normal?

LP Info Penanya: LP, Wanita, 2019 Tahun
Dok sya ingin tanya bayi saya usia 2 bulan lebih tapi bab nya 3x sehari dan fesesnya sprt pasta (bkan air)berwrna hijau apakah nrmal pdhal bayi sya asi eksklusive
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, LP

Terima kasih atas pertanyaannya.

BAB kehijauan bisa saja normal yang penting anda perlu perhatikan adalah saat BAB bayi anda tidak tampak nyeri atau tidak nyaman. Warna kehijauan biasanya berasal dari enzim pencernaan tubuh. Untuk frekuensi 3x sehari juga masih dalam kategori wajar. Bila bayi anda ASI eksklusif diteruskan saja ASInya ya. Namun ibu harus lebih selektif dalam makan, coba untuk sementara hindari produk dairy (susu sapi), coklat atau kacang sampai untuk mencegah efek dari makanan yang anda makan.

Selain tanda nyeri atau mules saat BAB, perhatikan juga apakah bayi anda ada tanda dehidrasi seperti lesu, tidak aktif, mata kering atau tidak buang air kecil (popok kering). Karena yang perlu diwaspadai adalah dehidrasi pada gangguan pencernaan akibat mencret atau muntah. Bila ibu ada keraguan, bisa konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Anak langganan ibu untuk mendapat informasi lebih detil dan terapi yang sesuai. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.