Bayi umur 4 bulan memiliki kepala peyang

LP Info Penanya: LP, Wanita, 2019 Tahun
Dok bayi saya umur 4 bulan dan memiliki kepala peyang ataU bagian belakang kepala rataApakah itu pengaruh akan tumbuh kembangnya dan bagaimana mengatasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LP,

Kepala bayi yang peyang dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:

  • Tidur pada posisi sama dala mwaktu lama
  • Bayi yang lahir kurang bulan
  • Bayi yang lahir dengan gangguan otot leher saat lahir
  • Penyatuan tulang kepala yang lebih awal saat kelahiran tetapi hal ini jarang terjadi

Jika usia bayi masih kurang dari 5 bulan sendiri tidak perlu dikhawatirkan karena masih bisa menghilang dan memperbaiki bentuknya seiring pertumbuhan bayi. Untuk itu perlu untuk menjaga posisi tidur bayi dan perhatikan posisi kepala saat tidur agar tidak menetap pada satu posisi dalam waktu lama.

Bentuk kepala peyang sendiri tidak berkaitan dengan perkembangan otak ataupun pengaruh pada tumbuh kembangnya. Untuk itu tetap berikan nutrisi terbaik dan juga rajin memberikan stimulasi agar tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya.

Periksakan anak setiap bulan untuk memantau tumbuh kembangnya seperti misalnya pada Posyandu yang ada di daerah Anda. Jika dirasa tumbuh kembangnya tidak seperti anak seusianya dapat dilakukan konsultasi pada dokter Anak untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mainan anak seperti balok-balokan, akan mengasah keterampilan motoriknya

Bagaimana Cara Memilih Mainan Anak Sesuai Usianya?

Mainan anak seperti puzzle dan balok-balokan, terbukti meningkatkan kemampuan berbahasa anak, dibanding game online. Temuan ini berdasarkan penelitian tahun 2016 oleh lembaga JAMA Pediatrics.