Bayi umur 2 bulan gumoh terus

NL Info Penanya: NL
Bayi saya umur 2 bulan kok gumoh terus ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NL,

Bayi gumoh merupakan hal yang normal tetapi jika terlalu sering maka perlu diperhatikan beberapa hal. Pertama adalah posisi anak setelah menyusu, karena ukuran lambung masih dalam pertumbuhan dan kerongkongan belum berfungsi baik menahan ASI yang masuk perut bayi maka ketika anak terlalu banyak minum ASI maka dapat terdorong kembali ke kerongkongan dan menimbulkan gumoh.

Gumoh sendiri perlu diperhatikan jika bayi menjadi rewel, tampak tidak nyaman ataupun menimbulkan gangguan pada pernapasan bayi dimana hal ini dapat menandakan perlunya penanganan lebih lanjut.

Untuk mengatasi gumoh dapat dilakukan beberapa cara seperti, posisikan bayi dengan posisi lebih tegak dan pertahankan posisi menyusui ini beberapa waktu setelah anak selesai menyusu agar tidak terdorong kembali jika posisi anak berlawanan gravitasi seperti misalnya tiduran. Upayakan menepuk punggung bayi agar bayi bersendawa sehingga udara yang ikut terhirup saat menyusu bisa keluar dan tidak menekan atau mendorong ASI yang masuk dan memicu gumoh, berikan ASI secara berkala tidak sekaligus banyak sehingga dapat membantu agar bayi tidak sering gumoh. Jika bayi minum susu formula maka pilih lah ukuran dot yang tepat sehingga susu tidak terlalu banyak keluar secara sekaligus dan bayi tidak banyak menelan udara.

Jika masih sering gumoh, sebaiknya periksakan anak pada dokter anak untuk memastikan penyebabnya.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terdapat beragam bentuk payudara normal, salah satunya adalah bulat sempurna

12 Bentuk Payudara yang Paling Sering Dijumpai pada Wanita

Payudara dan puting setiap wanita pasti memiliki perbedaan ukuran, bentuk, bahkan warna. Bentuk payudara juga tidak tetap sama seumur hidup. Pasalnya, payudara akan berubah sesuai fase-fase kehidupan yang dilalui oleh wanita.