10 Jun 2021, 16:02Perut

Bayi tidak BAB selama 2 minggu, apakah berbahaya ?

IC
Info Penanya: IC0
Assalamualaikum dokter, bayi saya sudah tidak bab selama 2 minggu, usia sekarang 2 bulan kurang seminggu, sebelumnya bab nya normal setiap hari, kondisi sekarang perut tidal keras, tidak kembung anak jg tidak ada demam, apa yang harus saya lakukan agar anak saya bisa bab??
1357 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, I.Saat anak tidak BAB maka ibu akan merasa cemas. Jarang BAB yang dialami bayi merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya, selama bayi aktif, mau menyusu, tidak rewel, tidak demam dan masih bisa kentut.

Apa yang membuat bayi jarang BAB ?

Bayi Anda yang sebelumnya BAB dengan lancar setiap hari, lalu saat memasuki usia 2 bulan, bayi tidak BAB selama 2 minggu namun perut tidak keras, tidak kembung dan tidak demam dapat disebabkan oleh usus berkembang dengan baik seiring bertambahnya usia, sehingga ASI diserap dengan sempurna. Jadi tidak ada ampas yang tersisa menyebabkan bayi jarang BAB.

Bagaimana cara agar BAB bayi lancar kembali ?

Cara agar BAB bayi lancar kembali antara lain :
Jika perut membesar dan teraba keras, bayi tidak mau menyusu, BAB disertai darah, bayi menjadi lemas, demam tinggi, berat badan tidak kunjung naik, segera konsultasi ke dokter spesialis anak.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.  
konstipasifeses bayiperkembangan bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil