Bayi tidak buang air besar 1 hari

DE Info Penanya: DE
Dok saya punya anak usia 3 bulananak saya tidak minum ASIsudah satu hari ini tidak BABapa kah itu normal? dan cara mengatasinya seperti apa ya Dok? Terima Kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DE,

Susah buang air besar adalah keluhan yang bisa dialami semua usia, mulai dari bayi sampai lansia. Apabila bayi tidak minum ASI atau mengonsumsi susu formula dan tidak buang air besar selama 1 hari, tidak perlu khawatir dulu.

Tetap berikan susu sesuai takaran atau bisa buat sedikit lebih cair. Tidak jarang juga bisa terjadi sembelit karena produk susu formulanya, jadi bisa coba mengganti susu formula lain sesuai usia untuk membantu menghilangkan sembeli.

Jika dalam 2-3 hari masih tidak juga buang air besar, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter anak. Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik, lab darah, pemeriksaan USG dan pemeriksaan lain yang diperlukan. 

Upayakan menjaga kebersihan dot dan juga botol susu bayi, agar terhindar dari bakteri atau virus yang bisa memicu gangguan pencernaan. 

Sering kali perlu diwaspadai apabila bayi tidak BAB dalam waktu lama, karena bisa ada masalah lain seperti misalnya penyakit hirschprung yang perlu penanganan lebih lanjut oleh dokter anak. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut bayi kembung membuatnya rewel dan tidak nyaman.

6 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut bayi kembung merupakan masalah yang wajar terjadi. Cara mengatasi perut kembung pada bayi salah satunya adalah memeriksa bagaimana posisi saat menyusui atau dengan memijat bayi.