Bayi sungsang di kehamilan enam bulan

B Info Penanya: B, Wanita, 23 Tahun
Selamat pagi, Dok. Dok, apakah posisi bayi bisa normal, tidak sungsang jika sudah saatnya melahirkan? Menurut Dokter Spesialis Kandungan saya hamil sudah 6 bulan penuh, saat USG posisi bayi menurut dokter dalam posisi sungsang. Saya ingin melahirkan secara normal. Jika iya apa saja yang harus saya lakukan agar posisi bayi tidak sungsang. Apakah dengan diurut (pijat) tidak ada resiko dengan bayinya karena saran dari orang tua agar coba diurut, tapi saya takut bayi jadi terganggu. Terima kasih atas jawaban, Dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu B,

Letak normal bayi dalam kandungan adalah posisi kepala menghadap ke jalan lahir, sebagian kecil bayi berada dalam posisi sungsang atau melintang. Penyebab letak bayi sungsang sampai saat ini belum diketahui, namun secara alamiah semakin bertambah besarnya bayi maka kepala bayi akan bertambah berat dan secara normal maka bayi dalam kandungan akan berada dalam posisi kepala ke bawah atau presentasi kepala, dan bersiap untuk lahir.

Bayi dengan posisi sungsang dan melintang, tidak dianjurkan untuk dilahirkan dengan cara normal pervaginam tapi selalu disarankan untuk dilahirkan secara abdominal atau operasi sectio caesaria. Kelahiran yang dipaksakan pada posisi sungsang dan lintang, akan menyebabkan trauma pada bayi, kekurangan oksigen sampai kematian bayi.

Namun sebelum memasuki kehamilan bulan ke 8, masih ada cara untuk memperbaiki posisi bayi sungsang yang dikenal dengan nama External Cephalic Version (ECV). ECV ini bisa dilakukan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (SpOG) yang berpengalaman di Rumah Sakit dan dalam pengawasan yang ketat. Sebaiknya lakukan konsultasi dan tanyakan hal ini kepada Dokter kandungan di rumah sakit terdekat.

Kami tidak menyarankan untuk melakukan urut atau pijat karena dapat menyebabkan kontraksi dan gangguan pada bayi dan ibunya.

Semoga kehamilan berjalan lancar untuk ibu dan bayi sampai saatnya melahirkan nanti.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Inseminasi buatan bertujuan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan

Persiapan dan Prosedur Inseminasi Buatan yang Perlu Anda Ketahui

Inseminasi buatan bisa jadi pilihan alternatif bagi pasangan dengan masalah kesuburan tetapi ingin punya momongan. Prosedur ini dilakukan dengan menempatkan sperma langsung ke dalam rahim.