20 Jul 2021, 14:03Penyakit Lainnya

Apakah hasil pemeriksaan ALP bayi normal?

NA
Info Penanya: NA0
hai dokter. anak saya umur baru 34hari lahir premature kerana oligo + IUGR. tapi ada masalah jaundis lebih 21hari dan bacaan darah bagi TSH 7.098 & FT4 11.6 manakala HGB 8.4 & ALP 451. adakah baacaan nya normal bagi bayi premature? dan boleh ke jaundis ini hilang? kerana semalam diberi ubat sama dokter utk tambah darah & folic asid utk di kasi ke anak saya.
273 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, NATerima kasih atas pertanyaannya.Pada bayi prematur yang kuning lebih dari 14 hari memang termasuk jaundice yang abnormal.  Hal ini terkait dengan organ hati yang belum berkembang sempurna sehingga bilirubin lambat untuk dipecah. Terkait pemeriksaan laboratorium, berikut dilampirkan nilai normal pemeriksaan laboratorium bayi.  Pastikan bahwa nilai satuan di belakang angka dari pemeriksaan tersebut sama dengan nilai satuan yang tertera berikut. 

Kadar normal laboratorium bayi :

Hb : antara 13.5-20 g/dLFT4 : 4.6-12 ng/mLTSH : 0.27-4.2 mIU/mLALP : 28-300 IU/LJadi jika sama nilai satuannya, maka memang ada hasil yang tidak normal yaitu Hb yang rendah serta peningkatan ALP yang dimana hal ini diharapkan akan berangsur-angsur membaik seiring bertambahnya umur anak dan organ sudah berkembangan sempurna.  Ketika Untuk itu mengapa dokter memberikan suplemen penambah darah dan asam folat guna memembatu perkembangan anak dan mencegah kekurangan darah.  Ketika nilai laboratorium membaik maka jaundice anak akan sembuh. Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter spesialis anak sesuai anjuran guna evaluasi perkembangan nilai laboratorium bayi apakah jaundice anak sudah membaik atau masih memerlukan penanganan khusus. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
penyakit kuningjaundicebayi prematurbayi baru lahir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil